Kerja di Bank, Untung Besar, Stres Level Tinggi

Kompas.com - 16/10/2010, 16:30 WIB
EditorNadia Felicia

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam Kompas Karier Fair 2010 (KKF 2010) eksekutif muda perbankan, Michael R. Tampi menyampaikan pengalamannya berkarir di dunia perbankan. Dalam talkshow-nya, Michael menilai bahwa bekerja di bank memberikan banyak keuntungan. Baik dari segi tingginya penghasilan maupun jaringan bisnis yang luas.

"Tapi yang sangat berharga itu, pertama network (jaringan). Saya bisa bertemu semua kalangan dari pebisnis kecil sampai konglomerat selama di bank. Ilmunya luar biasa," katanya kepada pengunjung KKF 2010, di JITEC, Mangga Dua, Jakarta, Sabtu (16/10/2010).

Dari segi penghasilan, kata Michael, menurut hasil penelitian, standar gaji pegawai bank cukup tinggi. Perbandingannya dengan gaji rata-rata bisa mencapai 171 : 1 hingga 5 : 1.  Perbantingan itu adalah rasio ketimpangan gaji antara top level dengan entry level.

Belum lagi, dalam setahun pegawai bank kata Michael mendapat gaji sebanyak 14-15 kali, belum termasuk bonus-bonus. "Untuk salary (gaji), dari info banking terakhir, CEO perusahan itu dapat Rp 2 miliar per bulan. Itu gaji dan bonus," katanya.

Selain itu, pertumbuhan bisnis perbankan di Indonesia dinilai cukup pesat. Menurut Michael, kenaikan gaji di industri perbankan tahun ini paling besar dibanding industri lainnya. "Perbankan itu tulang punggung ekonomi dunia. Ada 123 bank di Indonesia, belum termasuk bank rakyat di daerah-daerah," paparnya.

Hanya saja, meskipun keuntungan bekerja di dunia perbankan cukup meyakinkan, menurut Michael, resiko dan stres level pekerja bank juga cukup tinggi. Turn over karyawan atau perpindahan karyawan perbankan kata Michael mencapai 15-20 persen per tahun. "Itu menunjukkan tingkat pertumbuhan besar dan stres level tinggi karena setiap bank punya tanggung jawab risiko dan kode etik yang besar," katanya.

Kemudian dia menyampaikan, seorang tokoh perbankan mengibaratkan bekerja di bank itu bagaikan menggunakan satu kaki untuk bekerja dan kaki lainnya dipenjara. "Karena kalau kita berbuat salah, meski tidak di posisi waktu itu, kita bisa diseret ke penjara," imbuh Michael.

Adapun Michael R Tampi merupakan salah satu pemain muda industri yang mengisi talkshow di KKF 2010 sebagai "Young Jedis". Dia saat ini menjabat sebagai Secured Loan Manager Metropolitan Jabodetabek di bank OCBC NISP. 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X