Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Warna Bibir Cenderung Gelap

Kompas.com - 18/10/2010, 18:47 WIB

KOMPAS.com - "Warna bibir ssaya cenderung gelap. Padahal saya tidak merokok. Apakah mungkin ini karena faktor keturunan? Soalnya, warna bibir ibu saya juga seperti itu. Bagaimana cara mengatasinya?" (Fransisca, via e-mail)

Menurut Amy Tirtosupono-Wirabudi, pemimpin redaksi majalah InStyle Indonesia, sebenarnya tidak ada yang salah dengan warna bibir yang gelap. Apalagi, bila disebabkan oleh faktor keturunan. Jangan rendah diri dengan warna bibir Anda. Kebetulan saja, tren sekarang sedang merujuk pada warna bibir yang muda. Tetapi tren selalu berputar, akan ada masanya warna merah gelap akan kembali menjadi tren. Biasanya, menjelang tutup tahun adalah masa jaya bibir berwarna gelap.

Namun, jika Anda merasa terganggu, coba gunakan lipstik warna nude untuk memudakan warna bibir. Jika ingin lebih muda lagi, bubuhkan concealer secara tipis terlebih dahulu sebelum Anda memakai lipstik. Selain itu, tekankan riasa wajah pada bagian mata. Sehingga, lawan bicara akan lebih memerhatikan mata Anda dibanding bibir.

Lip scuff tidak berfungsi untuk memudakan warna bibir, melainkan untuk membantu pengelupasan kulit mati yang menumpuk pada bibir. Jadi, fungsinya adalah sebagai exfoliator, bukan brightener. Terkadang, reaksi kulit bibir pada lipstik adalah permukaan yang mengering dan pecah-pecah. Nah, penggunaan lip scuff secara teratur, setidaknya dua kali dalam seminggu, akan menjadikan bibir lebih lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com