Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Karate Dihantui Cedera

Kompas.com - 19/10/2010, 20:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurang dari sebulan pelaksanaan Asian Games XVI, timnas karate Indonesia justru dirundung cedera. Empat dari delapan atlet yang diproyeksikan akan tampil pada multievent yakni Yolanda Asmuru, Umar Syarif, Dhonny Darmawan, Jintar Simanjuntak masih berkutat dengan recovery masing-masing.

Belum pulih dari cedera kaki kanannya sejak 2006 lalu, Umar kembali mengalami cedera kaki kirinya selepas di Indonesia Open, September 2010 lalu. Hal senada juga dialami Jintar di bagian tulang hidungnya. Sementara Yolanda dan Dhonny masing-masing mengalami kendala pada kaki dan pergelangan tangan kirinya.

Ditemui di sela latihan bersama karateka Malaysia di Hall B, Senayan, Jakarta, Selasa (19/10/2010) Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Karate-Do Indonesia, Hendardji Soepandji mengungkapkan saat ini timnas memang tengah difokuskan untuk pemulihan masing-masing atlet sehingga tidak mengoptimalkan seluruh skuad pada sparing tersebut.

"Penampilan mereka memang tidak dimaksimalkan saat ini karena alasan Asian Games XVI. Mereka sedang cedera sejak di Indonesia Open lalu dan sekarang sedang dalam proses recovery. Akan tetapi, mereka tidak boleh diam dan kami tetap mengadakan uji coba lewat pertandingan ini," ujar Hendardji.

Ia mengungkapkan hal tersebut bertujuan untuk memenuhi target medali emas di Guangzhou, 12-27 November 2019 mendatang. "Di samping pengobatan medis yang dijalani, Ini kami lakukan untuk mencapai peak performa mereka di Asian Games," sebutnya.

Sementara Umar yang ditemui dalam kesempatan yang sama berharap cedera yang dialaminya saat ini tidak akan menjadi hambatan baginya. "Tidak masalah karena masih ada cukup waktu untuk pemulihan," kata karateka yang turun di kelas +84 kg ini. Peraih perunggu Asian Games 2006 di Doha, Qatar ini justru bersikeras memberikan yang tebaik pada Asian Games XVI.

"Saya tetap optimis, lagipula di dua Asian Games sebelumnya saya mengalami cedera yang lebih parah dari saat ini," pungkasnya. Pada sparing ini Indonesia menurunkan sebagian timnas Asian Games dan 10 karateka pelatnas SEA Games XXVI. Sedangkan tim Malaysia diperkuat 14 atlet antara lain Shaharudin Bin Jamaludin (-75 Kg) Kunasilam Lakanantan (-60 Kg) dan Vathama Gopa lasami (-61 Kg).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com