5 Manfaat Teh yang Tak Terduga

Kompas.com - 21/10/2010, 10:48 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Kebanyakan orang lebih memilih kopi dari teh, bila niatnya untuk membangunkan diri dari rasa kantuk, atau menambah energi. Padahal, teh juga memiliki daya "pembangun" yang tak kalah hebat. Khasiatnya tak cuma menyegarkan pikiran, tetapi juga memperbaiki mood, melepaskan stres, dan merelaksasi tubuh dan pikiran. Kuncinya hanya dengan memilih teh yang tepat untuk dinikmati sesuai kondisi fisik Anda saat ini.

Menurut Kiley Holiday, pakar teh perempuan termuda di Amerika dan pemilik perusahaan teh L'Age de The, teh bahkan bisa memperbaiki lima area paling penting dalam kehidupan Anda: yaitu pekerjaan, kulit, kehidupan cinta, keuangan, dan kepercayaan diri. Bagaimana caranya?

Mendapatkan pekerjaan
"Teh tentu tidak bisa membuat Anda mendapatkan wawancara kerja dan memaksa manajer HRD memberikan posisi yang Anda inginkan, tetapi teh bisa meningkatkan kewaspadaan Anda, tanpa memberikan rasa gelisah seperti yang disebabkan oleh kopi," kata Holiday.

Bila Anda melakukan wawancara pada pagi hari, coba nikmati secangkir teh peppermint agar lebih bersemangat, tanpa mengalami penurunan energi di tengah wawancara.

Mendapatkan kencan
Selain bisa menghirup aroma teh yang khas, seperti pada teh melati atau teh dengan rempah-rempah, kedai teh juga memungkinkan Anda bertemu dengan banyak pria. Holiday menyarankan Anda memesan menu starter yang unik untuk memecah kebisuan. Untuk pilihan tehnya, nikmati secangkir Chai Tea dan cokelat. Teh susu berempah dari India ini memiliki aroma natural yang bersifat afrodisiak.

Mendapatkan promosi
Mereka yang mampu bersikap tenang saat berada di bawah tekanan, atau dalam menghadapi masalah, cenderung menjadi orang pertama yang dipertimbangkan untuk menerima promosi, demikian menurut sebuah studi yang diadakan untuk Forbes, oleh Jessica Pryce-Jones, penulis buku Happiness at Work, dan CEO iOpener. Stabilkan mood Anda dengan secangkir teh kava, teh herbal yang berfungsi menenangkan tubuh dan pikiran, serta membuat tidur lebih nyenyak. Kava adalah sejenis tumbuhan cabai dengan kandungan zat phytochemical, yang dapat membantu merelaksasi otot dan melawan stres akibat kelelahan.

Wajah yang sempurna
Teh penuh dengan antioksidan yang bisa membuang racun pada kulit dan memerangi radikal bebas (faktor pengganggu yang membuat kulit Anda terlihat tua). Menurut Holiday, teh juga mengandung rooibos, yang penuh dengan vitamin C, seng, dan magnesium, tiga komponen utama yang mampu memperbaiki bintik-bintik kecoklatan dan merawat kulit agar sehat. Pilih teh yang mengandung antioksidan tinggi seperti teh hijau dan teh hitam. Keduanya memiliki jenis antioksidan yang berbeda, namun memberikan manfaat yang sama.

Citra diri yang positif
Tak perlu sirik pada perempuan manis di kedai kopi yang membuat setiap orang melirik. Anda bisa kok, menjadi seperti dia. Holiday menyarankan untuk mengambil manfaat dari teh yang berfungsi menstabilkan mood, yaitu teh dengan kandungan L-theanine yang tinggi. Teh jenis ini akan membantu tubuh menguatkan sistem kekebalannya, sehingga Anda pun terjaga dari penyakit musiman seperti flu. Pilih teh hijau dengan aroma melati, atau teh organik dari Himalaya untuk mendongkrak energi dan kepercayaan diri Anda. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.