Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Rahasia Seks yang Lebih Bergelora

Kompas.com - 28/10/2010, 13:03 WIB

KOMPAS.com — Gairah seks mungkin saja menurun karena berbagai penyebab. Kelelahan fisik atau rutinitas padat membuat pasangan menikah seperti tak punya waktu untuk menikmati seks. Seks bisa lebih asyik dan menyenangkan jika pasangan menikah memahami rambu dan pertandanya. Jika gairah mulai mereda, maka lakukan beberapa hal yang bisa memancing kembali libido Anda atau pasangan. Inilah pendapat sejumlah profesional dan pakar seputar seks yang asyik.

1. Manjakan diri di luar kamar tidur. Seks tak melulu berurusan dengan kamar tidur Anda. Lakukan hubungan seks sesekali di bagian lain yang nyaman di rumah Anda. Kamar mandi dengan bathtub bisa menjadi variasi lainnya. Coba juga sesekali pergi memanjakan diri bersama pasangan untuk menikmati perawatan spa berpasangan. Melakukan kegiatan yang menyenangkan dan rileks bersama pasangan menimbulkan energi positif yang bisa merangsang gairah seks Anda.

"Saat fisik dan pikiran terasa seimbang, seks akan menjadi lebih hebat," kata Sharon Christie, pakar farmasi dari AromaFloria.

2. Lupakan masa lalu. Saat sedang berhubungan seks, cobalah untuk menyingkirkan pikiran buruk tentang masa lalu. Nikmati saja apa yang ada saat ini. Pikiran negatif seperti ini merusak suasana seksi saat seharusnya Anda menikmati seks bersama pasangan.

"Seks menjadi lebih menggairahkan jika pasangan menghadirkan dirinya pada saat itu dan menikmati momen yang ada," ujar Robert Whitman, fotografer spesialis pasangan.

3. Lakukan saja, jangan banyak pertimbangan. Mood untuk melakukan hubungan seks bisa diciptakan. Anda dan pasangan boleh saja tak bergairah pada awalnya. Namun, selama menjalaninya, Anda dan pasangan semakin menikmati aktivitas seks.

Jadi, jangan tunggu mood seks itu datang. Anda bisa menemukan mood positif itu dengan lebih peka merespons tanda dari pasangan Anda.

"Meski awalnya tidak mood, tetapi jika peka dengan pasangan, maka Anda bisa menemukan kesenangan dan menjadi lebih bergairah dari sebelumnya," papar Michele Weiner-Davis, penulis The Sex-Starved Marriage.

4. Camkan ini: Tubuh Anda seksi meski tak sempurna. Banyak perempuan yang terobsesi menurunkan berat badan dan menjadi kurus. Sementara itu, banyak pria yang menyenangi lekukan pada tubuh perempuan. Perempuan acap kali merasa tak puas dengan tubuhnya yang tak sempurna. Perubahan fisik pascamelahirkan menjadi pemicu lain ketidakpuasan fisik perempuan ini.

Perempuan sering kali membandingkan tubuhnya dengan idealitas tubuh pada majalah atau selebriti. Lantas perempuan merasa tak nyaman dengan dirinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com