Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tetap Fit di Kantor

Kompas.com - 01/11/2010, 14:19 WIB

KOMPAS.com - Seharian bekerja di dalam kantor bikin tubuh terasa lelah. Hal inikah yang Anda rasakan? Jika iya, lakukan saja latihan ringan yang membuat tubuh lebih segar.

Lebih sering jalan kaki

Jika jarak kantor berdekatan dengan tempat tinggal, Anda bisa jalan kaki menuju kantor. Jika tidak memungkinkan melakukan hal ini secara penuh, cobalah untuk berjalan kaki dalam jarak tertentu menuju kantor. Cara lainnya, cobalah ikuti gaya hidup bike to work yang semakin populer belakangan. Berolahraga sebelum bekerja menambah stamina Anda.

Berjalan kaki juga bisa Anda lakukan dengan mencari lahan parkir yang lebih jauh. Dengan begitu, Anda memberikan kesempatan kepada tubuh untuk berolahraga ringan sebelum memulai aktivitas di kantor.

Saat makan siang, Anda juga bisa mempraktekkan olahraga ringan ini. Lakukan saja 30 menit berjalan kaki, menuju dan dari tempat makan siang Anda.

Pilih tangga daripada elevator
Manfaatkan anak tangga di kantor untuk menambah stamina. Jika tak sanggup menaiki anak tangga hingga lantai 10, setidaknya setengah perjalanan Anda penuhi melalui tangga. Sisanya, lanjutkan dengan menggunakan elevator. Agar lebih bertenaga, lakukan kegiatan ini setelah menikmati sarapan atau makan siang Anda.

Gunakan stability ball di kantor
Jika memungkinkan, bawa saja stability ball milik Anda ke kantor. Gunakan bola ini sebagai pengganti kursi di meja kerja Anda. Duduk di bola selama beberapa jam sehari melatih keseimbangan tubuh. Selain itu, duduk di bola selama bekerja melatih kekuatan otot perut. Saat duduk, Anda bertumpu pada perut dan otot punggung agar memastikan Anda duduk lurus dan tidak terjatuh.

Lakukan peregangan

Kapanpun merasa lelah atau mengantuk saat bekerja, lakukan peregangan. Berdirilah, dan lakukan gerakan peregangan. Cara ini tak sekadar mengembalikan stamina, namun juga memberi waktu untuk rileks melepas stres selama bekerja.

Latihan kegel saat bekerja
Melakukan latihan kegel, dengan mengencangkan bokong atau seperti menahan buang air kecil, bisa dilakukan kapan saja. Termasuk saat sedang duduk di depan komputer. Olahraga ini sangat sederhana yang praktis serta mudah dilakukan di mana saja.

Latihan dengan pedal sepeda mini
Bawa serta alat olahraga mesin seperti pedal sepeda mini ke kantor. Ukurannya yang kecil cocok diletakkan di kolong meja kantor. Anda bisa menggunakannya sambil menyelesaikan pekerjaan di kantor.

Bentuk tim olahraga di kantor
Ajak rekan kerja Anda membentuk tim olahraga. Pilih jenis olahraga yang disepakati bersama. Basket, senam aerobik, Pilates, apapun jenis olahraganya, melakukan kegiatan bersama rekan kerja akan lebih menyenangkan. Cari pelatih, lalu atur jadwal latihan usai jam kantor.

Anda punya cara jitu lainnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com