Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habis Menikah Kok Jadi Gemuk?

Kompas.com - 04/11/2010, 08:26 WIB

KOMPAS.com - Banyak riset menunjukkan menjalin hubungan dan membangun romantisme dalam pernikahan meningkatkan kualitas hidup dan menyehatkan. Namun ada dua penelitian yang berseberangan dengan riset ini. Dikatakan, hidup berpasangan membuat perempuan lebih berisiko kegemukan.

Penelitian pertama didapat dari National Longitudinal Study of Adolescent Health yang memelajari status hubungan 7.000 pasangan muda. Status hubungannya beragam, mulai lajang, berpacaran, hidup bersama tanpa pernikahan, dan menikah. Ditemukan data bahwa risiko kegemukan pada perempuan lebih tinggi dibandingkan lelaki, apapun status hubungan mereka.

Lebih jelasnya, pasangan menikah memiliki risiko obesitas lebih tinggi, 107 persen pada lelaki dan 127 persen pada perempuan. Sedangkan pasangan yang hidup bersama tanpa pernikahan, risikonya lebih kecil 63 persen pada perempuan dan 30 persen pada lelaki.

Penelitian kedua dilakukan oleh Australian Longitudinal Study on Women's Health. Riset selama 10 tahun menunjukkan hasil:
* Perempuan lajang mengalani kenaikan berat badan sekitar 5 kg.
* Perempuan menikah naik berat badannya sebanyak 7 kg.
* Perempuan menikah dengan anak, berat badannya naik 9 kg.

Studi ini dilakukan dengan metode observasi yang dipengaruhi sejumlah variabel seperti ras, etnis, tingkat pendidikan, dan usia. Data yang ditemukan dari studi ini menunjukkan adanya perubahan gaya hidup saat pasangan berkencan dan berumahtangga.

Pakar diet Jennifer Nelson, MS, RD, dan Katherine Zeratsky, RD, menganalisa sejumlah penyebabnya. Seperti kurang berolahraga, waktu makan yang lebih rutin dan teratur, motivasi untuk menjaga berat badan, atau bentuk tubuh menurun setelah menikah. Hal inilah yang turut memengaruhi risiko kegemukan pada pasangan menikah.

Meski begitu, temuan ini tak bersifat mutlak. Anda dan pasangan tetap bisa hidup sehat dan tampil menarik seperti saat masih lajang dengan bantuan kreativitas yang romantis. Anda bisa mengikuti kelas olahraga berpasangan, kelas memasak masakan sehat untuk pasangan, atau berbagi makanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com