Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Bisnis Kuliner Tetap Memancing Selera

Kompas.com - 09/11/2010, 16:42 WIB

KOMPAS.com - Boleh jadi bisnis kuliner rumahan milik Anda saat ini berkembang pesat. Meski begitu jangan cukup puas. Produk Anda tetap perlu dikembangkan agar pelanggan tak cepat bosan. Salah satunya dengan menambah variasi menu atau mengembangkan cita rasa agar masakan lebih nikmat. Jika Anda bertanggung jawab pada bagian produksi, tak ada salahnya belajar memasak dengan mengikuti sejumlah kursus.

Ahli boga yang juga instruktur kursus memasak di Klub Nova, Erwin Kuditawati, mengatakan umumnya peserta kursus memasak Klub Nova adalah para pebisnis kuliner.

"Mereka ingin meningkatkan skill memasak, dan ingin menambah variasi menu," papar Erwin kepada Kompas Female di sela kursus memasak bersama orangtua dan pendamping delegasi Konferensi Anak Indonesia 2010 di Gedung Kompas Gramedia, Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (9/11/2010).

Kursus memasak memberikan pengalaman baru sekaligus kesempatan untuk mengembangkan ide kreatif bagi para koki usaha kuliner. Menurut Erwin, resep yang berbeda setiap kali pertemuan kursus memasak, menjadi sumber ide kreatif bagi mereka yang berbisnis kuliner.

"Ada yang sudah punya usaha pempek, namun tetap ingin belajar masak pempek agar rasanya lebih enak lagi. Melalui kursus memasak, seseorang bisa meng-upgrade dirinya," kata Erwin.

Sementara bagi mereka yang awam, kursus memasak menjadi cara praktis belajar menambah ketrampilan. Cukup 2-3 latihan praktik memasak, Anda bisa praktik sendiri di rumah, bahkan menjadikan skill memasak menjadi lahan usaha, jelas Erwin.

Lina Januarti, ibu dari delegasi KAI 2010 Rahman Santoso dari Gunungkidul Yogyakarta, mengamini hal ini. Praktik memasak chicken nugget dan donat yang praktis diakuinya bisa dipraktikkan di rumah nanti.

"Bahan yang digunakan mudah didapat, kecuali cokelat. Cara membuatnya mudah dan bisa menjadi ide usaha," katanya.

Agar hasil maksimal dan pengarahan selama kursus dapat diterima sempurna, Erwin membatasi satu kelas memasak hanya 25 orang saja. Untuk biaya, kata Erwin, kursus memasak di tempatnya termasuk paling murah, sekitar Rp 180.000 - Rp 240.000 per orang satu kali pertemuan/resep.

Jika ingin belajar ragam resep dan praktik memasak yang benar untuk hasil yang sempurna, luangkan waktu setiap Rabu, Sabtu (minggu ke-2 dan ke-4) serta Senin (minggu ke-3) setiap bulannya di Klub Nova.

Kemauan belajar dan meng-upgrade ketrampilan menjadi bekal sukses usaha Anda, termasuk bisnis makanan dan minuman yang tak ada matinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com