Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Akan Membantu Korban Bencana Alam

Kompas.com - 09/11/2010, 22:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama menyatakan simpati dan berniat memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban letusan Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta korban tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Kami terus dukung, Amerika Serikat akan terus mengusahakan bantuan kemanusiaan dengan segala cara," kata Obama dalam bahasa Inggris ketika menggelar jumpa pers bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/11/2010) malam.

Obama menyatakan, akhir-akhir ini adalah masa sulit bagi Indonesia akibat sejumlah bencana alam yang terjadi silih berganti.

Obama juga memberikan pujian kepada Presiden Yudhoyono yang telah bekerja keras untuk membantu rakyat yang menjadi korban sejumlah bencana alam itu.

Kepada para korban, Obama menyampaikan ungkapan simpati dan dukacita sedalam-dalamnya. "Terimalah simpati kami," katanya.

Dia menegaskan, kehadirannya di Indonesia adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa Amerika Serikat adalah kawan yang setia bagi Indonesia.

Pada saat yang sama, Presiden Susilo Bamabang Yudhoyono mengucapkan terima kasih atas niat baik Obama dan Pemerintah Amerika Serikat tersebut.

Presiden Yudhoyono mengatakan, Obama adalah figur yang mengenal Indonesia. Oleh karena itu, Yudhoyono berharap hubungan baik Indonesia-Amerika Serikat yang dilatarbelakangi kenangan sejarah itu bisa meningkatkan kualitas hidup kedua negara.

"Dengan demikian, kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Amerika Serikat itu bisa lebih tepat," kata Yudhoyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com