Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Sperma Habis?

Kompas.com - 10/11/2010, 08:02 WIB

TANYA :

Dok, saya merasa aneh dengan aktivitas seksual saya. Kalau sudah dekat dengan istri maunya berhubungan terus. Tidak mengenal waktu. Sampai-sampai cari waktu dan tempat untuk melampiaskan hasrat tersebut. Dan anehnya, istri juga meladeni sampai pernah sehari 4-5 kali, padahal usia perkawinan kami sudah 20 tahun.

Pertanyaan saya,  sewaktu berhubungan yang keempat sampai kelima dalam sehari sering tidak keluar spermanya, tapi otot penis menegang lazimnya mengeluarkan sperma. Apakah itu berakibat jelek, atau normal saja? Mohon saran supaya sperma bisa banyak produksinya harus mengkomsumsi makanan apa? Terima Kasih.   Muhsuha (35) Semarang JAWAB :

Fungsi seksual dipengaruhi oleh keadaan kesehatan, selain faktor psikis. Kalau keadaan kesehatan dan faktor psikis yang mendukung baik, maka fungsi seksual juga baik. Akibatnya hubungan seksual menjadi lebih sering dilakukan, seperti yang Anda dan istri lakukan.

Tetapi memang, bagi pasangan suami istri yang sudah menikah 20 tahun, hubungan seksual sampai 4-5 kali sehari tergolong tidak biasa. Namun bukan berarti tidak boleh terjadi.

Mengenai sperma yang tidak keluar setelah hubungan seksual keempat atau kelima, itu wajar terjadi karena volume sperma terbatas. Tidak ada akibat apapun karena sperma akan tetap diproduksi lagi.

Selain itu dalam hubungan seksual yang Anda lakukan, keluarnya sperma tidak diperlukan lagi karena saya yakin hubungan seksual yang Anda lakukan bukan untuk tujuan kehamilan. Jadi tidak perlu harus keluar sperma yang banyak. Selain itu tidak ada jenis makanan yang dapat memperbanyak cairan sperma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com