Kenapa Bumil Perlu Di-USG?

Kompas.com - 13/11/2010, 13:01 WIB
EditorLusia Kus Anna

USG adalah singkatan dari ultrasonografi, yaitu suatu alat yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang dipancarkan oleh suatu penjejak (disebut transduser) pada suatu organ yang diperiksa. Pemerikaan USG terhadap ibu hamil (bumil)  tidak memakai sinar X atau rontgen untuk menghasilkan gambar janin. Alat ini digunakan untuk berbagai alasan, di antaranya:

- Memantau perkembangan janin, meliputi panjang, berat, fungsi organ-organnya, dan lain-lain.
- Medeteksi jumlah air ketuban.
- Medeteksi apakah ada kehamilan ganda/kembar.
- Memeriksa apakah ada gangguan/masalah seperti cacat janin dan sebagainya.

Kemajuan teknologi membuat hasil USG saat ini jauh lebih baik. Jika dulu gambar yang dihasilkan kasar, tetapi dengan teknologi baru yang disebut USG 3 atau 4 dimensi, tampilan gambarnya lebih jelas, detail, dan berwarna.

Selain itu, alat ini memungkinkan kita mendapat gambaran yang lebih jelas tentang berbagai hal yang menyangkut kondisi janin pada setiap tahap perkembangannya karena alat ini memungkinkan untuk melihat organ-organ janin dari berbagai sudut. Sayangnya, mengingat mahalnya alat ini, belum semua rumah sakit bisa memilikinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.