Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Bumil Perlu Di-USG?

Kompas.com - 13/11/2010, 13:01 WIB

USG adalah singkatan dari ultrasonografi, yaitu suatu alat yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang dipancarkan oleh suatu penjejak (disebut transduser) pada suatu organ yang diperiksa. Pemerikaan USG terhadap ibu hamil (bumil)  tidak memakai sinar X atau rontgen untuk menghasilkan gambar janin. Alat ini digunakan untuk berbagai alasan, di antaranya:

- Memantau perkembangan janin, meliputi panjang, berat, fungsi organ-organnya, dan lain-lain.
- Medeteksi jumlah air ketuban.
- Medeteksi apakah ada kehamilan ganda/kembar.
- Memeriksa apakah ada gangguan/masalah seperti cacat janin dan sebagainya.

Kemajuan teknologi membuat hasil USG saat ini jauh lebih baik. Jika dulu gambar yang dihasilkan kasar, tetapi dengan teknologi baru yang disebut USG 3 atau 4 dimensi, tampilan gambarnya lebih jelas, detail, dan berwarna.

Selain itu, alat ini memungkinkan kita mendapat gambaran yang lebih jelas tentang berbagai hal yang menyangkut kondisi janin pada setiap tahap perkembangannya karena alat ini memungkinkan untuk melihat organ-organ janin dari berbagai sudut. Sayangnya, mengingat mahalnya alat ini, belum semua rumah sakit bisa memilikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com