Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insomnia Kronis, Bagaimana Mengatasinya?

Kompas.com - 18/11/2010, 14:16 WIB

TANYA:
Saya menderita insomnia dan akhir-akhir ini semakin parah. Sebenarnya insomnia saya sudah berlangsung selama dua tahun, tapi tidak pernah separah ini. Sejak tiga bulan terakhir insomnia benar-benar membuat saya tidak bisa tidur malam. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mengatasi penyakit ini? Apakah ini juga pengaruh dari gaya hidup?
Ellboorhani (23), Pati, Jateng

JAWAB:
Insomnia memang sering dialami pada semua orang, baik tua maupun muda, terutama pada para usia produktif, di mana mereka biasanya bekerja sepanjang malam dan lama-lama bisa berubah pola tidurnya. Dari yang tadinya tidur di malam hari menjadi di tengah malam atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali, seperti yang dialami oleh saudara.

Sebenarnya insomnia dapat diatasi dengan mengubah pola tidur, tidak mudah memang, dan harus butuh ketekunan untuk mengubah pola tidur menjadi seperti waktu semula. Bisa mulai dibiasakan dengan aktivitas diperbanyak di pagi, siang, hingga sore hari, lalu jangan tertidur di pagi, siang ataupun sore, sehingga diharapkan badan akan merasa lelah dan dapat tertidur dengan lelap. Cobalah hal ini diulangi dan dilakukan dengan cukup rutin, kita harapkan bahwa pola tidur akan kembali seperti sedia kala.

Seandainya hal tersebut tidak dapat mengatasi insomnia, maka temuilah dokter, diskusikan kesulitan Anda, dan mungkin mintalah bantuan dengan mengonsumsi obat tidur yang membantu untuk sementara, selain mencoba teknik untuk mengubah pola tidur Anda. Ingatlah bahwa bergantung terus-menerus pada obat tidur tidaklah baik sehingga alangkah baiknya bila Anda mencoba mengonsumsi obat tersebut sambil melatih diri Anda untuk bisa rutin mempunyai jam tidur yang baik. Semoga ini bisa membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com