Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Strategi untuk Hidup Seimbang

Kompas.com - 18/11/2010, 18:10 WIB

KOMPAS.com - Banyak perempuan sukses mengaku, salah satu kunci keberhasilan mereka dalam bekerja adalah menerapkan multitasking, baik di kantor maupun di rumah. Namun belakangan ini banyak riset yang menyarankan kita untuk mengurangi kebiasaan mengerjakan berbagai hal secara bersamaan, agar pikiran tidak stres.

Psikolog Sani B. Hermawan dari Lembaga Konsultasi Psikologi Daya Insani bilang, kadang kita lupa bahwa kita adalah manusia biasa yang tidak bisa melakukan segala hal dengan sempurna. "Yang bisa kita lakukan adalah menyeimbangkan kemampuan, waktu, dan energi yang tersedia," kata Sani. Berikut tip simpel dari Sani, yang bisa kita terapkan kapan saja.

1. Bikin rencana yang realistis. Ini akan membuat kita percaya bahwa target yang ingin kita capai, sungguh dapat diraih.

2. Bagi pekerjaan dengan orang di sekitar. Entah pasangan, asisten rumah tangga, atau bahkan dengan anak. Yakinkan mereka bahwa pekerjaan rumah tangga adalah tanggung jawab bersama, sehingga setiap orang harus ikut terlibat.

3. Isi waktu luang dengan bersantai, berolahraga, atau mengerjakan hobi. Ini akan mengembalikan energi positif supaya kita tetap semangat mengerjakan kegiatan lain.

(Prevention Indonesia/Alia An Nadhiva)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com