Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi untuk Pendengkur

Kompas.com - 20/11/2010, 09:20 WIB

TANYA:
Saya ingin bertanya apakah ada solusi untuk saya yang mendengkur sangat keras saat tidur. Saya mengidap penyakit mendengkur saat tidur sudah sejak kecil, hingga saat ini saya masih mendengkur saat tidur. Sudah banyak cara dicoba tetapi tidak ada hasil. Saya sangat sedih ketika teman kosmengatakan tidak bisa tidur karena mendengar dengkuran Saya yang sangat keras. Apakah penyakit mendengkur ada hubungannya dengan amandel karena Saya punya amandel. Melalui ini Saya sangat mengharapkan solusi dari dokter untuk penyakit ini. Terima kasih telah membaca dan memberi solusi.
Rachel Fabiant (24) Yogyakarta

JAWAB
Wah, memang ini hal yang susah - susah gampang ya untuk mengatasi dengkuran karena ini seringkali terjadi di masyarakat. Dengkuran sendiri memang terjadi akibat aliran udara pernafasan dari paru ke luar terhambat sebagian, yang bisa disebabkan akibat adanya pembesaran tonsil (amandel), atau jatuhnya pangkal lidah ke belakang.

Jika memang terbukti karena amandel ada baiknya untuk diambil, karena sulit untuk diatasi dengan cara apapun kecuali dioperasi. Lain halnya jika dengkuran disebabkan karena jatuhnya lidah ke belakang maka ini dapat diatasi dengan tidur miring atau tengkurap. Dengkuran juga sering didapatkan pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, kecapaian, minum obat penenang dan obat tidur. Maka dari itu, konsumsi obat penenang dan obat tidur sebaiknya dihentikan untuk menghilangkan dengkuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com