Kekerasan terhadap Perempuan Naik 243 Persen

Kompas.com - 25/11/2010, 20:55 WIB
EditorMarcus Suprihadi

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Komisi Nasional Perempuan mencatat, sepanjang tahun 2009 kekerasan terhadap perempuan mencapai 143.000 kasus, atau naik 243 persen dari tahun sebelumnya.

"Data ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Angka ini memiliki dua arti. Bahwa perempuan telah berani melaporkan kekerasan yang dialaminya, tetapi di sisi yang lain telah terjadi banyak kekerasan terhadap perempuan," kata Ketua Komnas Perempuan Yuniyanti Chuzaifah di Jakarta, Kamis (25/11/2010).

 

Yuniyanti menuturkan, data ini sebagai pertanda rekaman keberanian perempuan, juga data institusi penanganan yang perlu dibagikan ke publik. "Mendata bukan sekadar menderetkan angka, tetapi mengakui fakta dan jadi acuan langkah strategis," jelas Yuniyanti.

 

Keberanian korban melaporkan kekerasan terhadap dirinya, kata Yuniyanti, salah satunya karena telah ada payung hukum seperti Undang-undang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Nomor 23 tahun 2004. "Di samping itu, mekanisme dan akses keadilan bagi perempuan mulai berjalan," ujarnya.

 

Namun, kata Yuniyanti, bekerja menangani kekerasan terhadap perempuan di Indonesia sekarang ini mempunyai bentuk dan tantangan yang perlu strategi dan pengetahuan komprehensif untuk penanganan.

 

"Pelaku kekerasan sekarang semakin rumit. Dari aktor yang semakin masif, kelompok yang melakukan politisasi agama, menguatnya politik identitas, diskriminasi berbasis moralisme, kekerasan karena iman kepercayaan, penghilangan hak karena orientasi seksual," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.