Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Panjang Melawan Penuaan

Kompas.com - 27/11/2010, 12:26 WIB

KOMPAS.com - Tampak tua, dengan segala tanda-tanda penuaan yang mengikuti nampaknya menjadi sebuah ketakutan tersendiri bagi para wanita. Bukan hanya ditakuti dan berusaha menjaganya supaya terawat saja, tetapi saat ini para wanita mencari cara untuk melawan tanda-tanda penuaan. Hal ini ternyata membuka celah untuk disisipi produk-produk kecantikan. Saking besarnya, pasar kebutuhan untuk produk pelawan penuaan ini diperkirakan akan terus berkembang pesat hingga tahun 2015 nanti.

Entah kapan dan siapa yang memulai penemuan-penemuan dan produk-produk kecantikan untuk melawan penuaan. Namun, yang jelas, dalam beberapa tahun terakhir ini, produk-produk kecantikan dan perawatan untuk melawan penuaan terus berkembang. Tak hanya perempuan saja yang merasa besarnya kebutuhan akan produk pelawan penuaan ini, pria pun merasa butuh untuk tampil senantiasa awet muda.

Masalah-masalah dan tanda penuaan pada kulit antara lain; garis dan kerut, struktur kulit yang berubah, diskolorasi, ketidakrataan rona kulit, kelembapan kulit, tekstur dan kehalusan kulit yang berkurang, kecerahan, dan ukuran pori-pori yang membesar.

Pada saat peluncuran rangkaian kosmetik terbaru dari Nu Skin di Grand Indonesia Shopping Town pada 25 November 2010, Jasmine Yang, Regional Vice President of Marketing and Communications Nu Skin Enterprise South East Asia mengutarakan data perkembangan pesat dari tren antiaging di Asia Tenggara. Menurutnya, pasar produk antiaging Asia-Pasifik diperkirakan akan terus bertumbuh 82,2 persen hingga tahun 2015.

Menurut perhitungan pihaknya, industri antiaging secara global diperkirakan akan bertumbuh dari $162 miliar menjadi $274,5 miliar pada tahun 2013, yang artinya akan meningkat sekitar 11 persen. Pada tahun 2050, populasi dunia yang berusia di atas 60 tahun diperkirakan mendekati 2 miliar, dan sekitar 62 persennya adalah penduduk Asia. Belum lagi dengan adanya masalah lubang pada ozon yang membuat lapisan pelindung terhadap sinar matahari berkurang, kita makin rentan terhadap efek penuaan pada kulit. Ditambah dengan gaya hidup yang tidak sehat; merokok, minum minuman beralkohol, kurang istirahat, polusi, stres, dan sebagainya, tak heran masalah penuaan dini sudah makin menjadi concern. Siapa yang ingin tampak tua lebih cepat dari usia aslinya?

Selain menjaga hidup sehat, saat ini makin banyak cara dan produk yang menawarkan perlindungan dan perlawanan terhadap penuaan, mulai dari yang alami hingga yang berteknologi tinggi. Seperti Menard, kosmetik asal Jepang yang mengeluarkan produk kecantikannya, Embellir. Konon terbuat dari jamur langka, reshi. Jamur yang jarang dan sangat mahal ini dipercaya bisa mengatasi masalah penuaan hingga akarnya, yakni pembaruan sel agar kembali kenyal dan terlihat muda. Bahkan, saking bagusnya jamur ini, dipercaya digunakan pula untuk pengobatan kanker.

Pada peluncuran produk Menard di De Salon by Marc, Plaza Indonesia, beberapa waktu lalu, Lim Hooi-Hooi, Marketing Manager of Nippon Menard South East Asia mengatakan, "Saat ini, kebanyakan produk yang dijual bebas di pasaran cenderung mengatasi satu per satu masalah penuaan, sementara kita tidak bisa menghentikan waktu untuk menghambat proses tubuh yang menua. Maka yang ada, seringkali kita hanya memusatkan perlawanan penuaan hanya pada bagian yang terlihat, seperti kulit keriput, dan lainnya. Padahal yang kita perlu lawan adalah bagian-bagian tertentu pada lapisan dalam kulit yang perlu diperbaiki."

Senada dengan Lim Hooi-Hooi, Jasmine dari Nu Skin juga percaya bahwa perlawanan terhadap penuaan harusnya ditargetkan pada bagian dalam kulit. Namun produknya lebih percaya terhadap teknologi serta ilmu pengetahuan genetika. Nu Skin yang bekerja sama dengan LifeGen Technologies menciptakan rangkaian produk perawatan antiaging yang diberi nama ageLOC Transformation. Produk ini percaya teknologi ciptaannya ini bisa membantu mengidentifikasi kelompok fungsional gen yang dinamakan Youth Gene Clusters dan mengembalikan kulit-kulit yang bermasalah tersebut agar kembali kepada pola-pola aktivitas keremajaannya untuk tampil lebih muda dan bebas masalah.

Apa pun masalah kulit dan produk yang Anda putuskan untuk pakai, pastikan Anda mempercayai produk tersebut, bertanggung jawab, dan memang tepat menangani akar permasalahan kulit Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com