Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe Ibu Seperti Apakah Anda?

Kompas.com - 14/12/2010, 19:12 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda saat ini sudah menjadi orangtua, tentu Anda akan berkata dalam hati: Alangkah sulitnya menjadi orangtua. Tidak ada buku atau seminar yang mampu memberikan informasi mengenai bagaimana cara menjadi orangtua dengan detail. Bagaimanapun juga, setiap anak adalah pribadi yang unik. Anda harus selalu fleksibel dalam mengikuti polah-tingkahnya.

Jika Anda ingin tahu, ibu seperti apakah Anda, coba cari berdasarkan tipenya di bawah ini.

Ibu tradisional
Hangat dan punya jiwa mengasuh, dan bekerja keras untuk menjadi ibu yang sempurna. Selalu mengutamakan kepentingan anak, dan selalu menjadi tipe ibu yang membuat kue-kue sendiri di rumah. Ketika anak pulang dari bermain atau sekolah, Anda lah yang pertama dicarinya.

Kelebihan Anda: Mampu membuat anak merasa menjadi pusat perhatian, serta merasa dicintai dan dipuja tanpa pamrih.

Ibu sekaligus teman
Anda tipe perempuan yang tidak ingin membuat jarak dengan anak, selalu rileks dan berusaha mengikuti apa yang sedang disenangi anak Anda. Anak cenderung menganggap Anda sebagai kakak daripada ibu yang konvensional.

Kelebihan Anda: Mampu menerima anak dengan segala kelebihan dan kekurangannya, sehingga anak merasa dimengerti dan tidak harus berpura-pura untuk mendapatkan perhatian Anda. Namun jika Anda tidak hati-hati, anak juga cenderung akan selalu membantah karena menganggap Anda sebagai teman.

Ibu yang bebas
Anda menginginkan kemandirian, dan begitu pula yang Anda harapkan dari anak. Anda merasa berhak mendapatkan me time, dan anak-anak juga bebas menggunakan waktunya. Anda selalu mendorong mereka untuk berani berpendapat dan membuat keputusan, yakin bahwa seorang ibu yang baik seharusnya membiarkan kebebasan dan kemandirian anaknya.

Kelebihan Anda: Anda memberi ruang bagi anak untuk mengembangkan kepribadiannya, dan menciptakan kehidupannya sendiri. Anda mendorong mereka untuk belajar dari kesalahan dan mengakui pencapaian yang dilakukannya. Di lain pihak, Anda juga masih bisa menikmati kegiatan Anda.

Ibu "mata-mata"
Anak mungkin sudah terlalu besar, sehingga Anda tidak bisa memberi hukuman atau time out, namun Anda masih mencoba untuk memengaruhinya. Kadang-kadang Anda tidak secara langsung memberikan nasihat atau berkomunikasi dengan anak, namun Anda selalu menyimpan apa keinginan anak dalam hati.

Kelebihan Anda: Anda selalu terlibat dalam kehidupan anak dan memerhatikan kesehatan jiwa-raganya. Namun Anda sering terbentur dalam menyeimbangkan antara selalu ada di sisinya dan membiarkannya membuat keputusan sendiri.

Ibu yang komplet
Barangkali, inilah tipe ibu yang sempurna. Anda tipe ibu yang karakternya muncul dalam film-film keluarga yang  harmonis di televisi. Anda bisa berbuat salah, tetapi Anda tidak ragu belajar dari anak untuk memperbaiki diri Anda. Anda bisa bersikap sebagai teman, tetapi juga tetap dihormati dan ditaati oleh anak.

Kelebihan Anda: Membuat anak merasa bangga dengan ibunya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com