"Femiman", Model Pria Mirip Wanita

Kompas.com - 22/12/2010, 19:20 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com Umumnya, model-model cowok berperawakan macho, rapi, rambut cepak, wajah keras, kadang punya jambang dan janggut. Kesan itu justru jauh dari Andrej Pejic, seorang model yang baru naik daun. Model berusia 19 tahun tersebut justru memiliki rambut pirang lurus, sepundak, rahang lembut, bibir penuh, hidung kecil, dan ia cantik. Andrej memunculkan sebuah istilah baru, "femiman" atau feminine man.

Kehadiran model asal Serbia ini menimbulkan desas-desus dan tren tersendiri di kalangan desainer, fotografer, dan editor karena penampilannya yang androgini (antara pria atau wanita).

Karena keunikannya itu, ia berhasil mendapatkan kontrak dengan Marc by Marc Jacobs, salah satu merek yang sangat ternama untuk saat ini, begitu pula rumah mode Jean Paul Gaultier untuk kampanye musim semi 2011.

Ia pergi dari Serbia untuk tinggal di Australia pada akhir 1990-an bersama keluarganya. Diam-diam, Andrej sudah pernah tampil beberapa kali di Vogue, Perancis, dan Italia. Orang yang "menemukan" Andrej adalah Matthew Anderson, Direktur Chadwick Models di Melbourne. Dikutip dari wawancara Anderson dengan Sydney Morning Herald, "'Kecantikannya' sangat tidak biasa. Ia pun cerdas dan luar biasa, jujur, serta sangat nyaman dengan dirinya sendiri."

Meski Pejic adalah seorang pria dan tidak pindah jender, orang-orang yang mendandaninya sangat menggunakan sisi dua jendernya ke dalam kapasitas yang sangat ekstrem. Walau demikian, itu bukan masalah bagi Pejic. Kepada situs Women's Wear Daily, ia mengaku hanya berusaha melakukan segalanya sebaik mungkin dan tak akan berpakaian seperti ini jika ia tak merasa senang.

Selain Pejic, Anderson juga sudah menandatangani kontrak dengan pria yang juga memiliki kualitas "femiman", Lea T, seorang transeksual dari pria menjadi wanita. Kini, Lea menandatangani kontrak dengan Givenchy untuk koleksi musim dingin 2010. Lea T bahkan pernah difoto telanjang untuk Vogue Perancis. Di sana ia berpose tanpa mengenakan busana apa pun, hanya menutupi sebagian dari penis, dan memperlihatkan payudara kanannya yang tampak seperti payudara perempuan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X