Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sehat Memasak Kacang-kacangan

Kompas.com - 03/01/2011, 18:46 WIB

KOMPAS.com - Kacang-kacangan, seperti kacang polong atau lentil bernutrisi tinggi. Selain rendah lemak, dan tidak mengandung kolesterol, kacang-kacangan juga mengandung folat, potasium, zat besi, serta magnesium yang tinggi. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung lemak baik dan serat tinggi. Kacang-kacangan bisa menggantikan daging untuk memenuhi asupan protein sehari-hari.

Merendam sebelum memasak
Kacang-kacangan perlu direndam dalam air dengan suhu ruang. Sebelum direndam, pilih kacang yang bersih. Merendam kacang bisa dilakukan dengan beberapa metode, tergantung berapa lama waktu yang Anda punya untuk memasaknya:
* Rendaman ringan
Rendam 0,5 kg kacang kering dengan 10 cangkir air dalam panci. Tutup dan dinginkan dalam lemari es semalaman selama 6-8 jam.
* Rendaman panas
Didihkan 10 cangkir air dalam panci. Masukkan 0,5 kg kacang kering. Angkat lalu tutup rapat lalu diamkan dalam suhu ruang selama 2-3 jam.
* Rendaman cepat
Didihkan 10 cangkir air dalam panci. Masukkan 0,5 kg kacang kering dan biarkan selama 2-3 menit. Angkat dan tutup rapat panci berisi kacang, diamkan selama 1 jam dalam suhu ruang.
* Rendaman bebas gas
Masukkan 0,5 kg kacang kering ke dalam panci berisi 10 cangkir air mendidih. Didihkan selama 2-3 menit. Angkat, tutup dan diamkan semalaman. Esok harinya, 75-90 persen gula yang tak dapat dicerna, yang menghasilkan gas, akan terendam dalam air.

Memasak kacang
Usai merendam kacang, bilas kacang dan masukkan dalam panci. Tutup panci dengan air tiga kali lebih banyak dari jumlah kacang yang akan dimasak. Masukkan bumbu yang diinginkan, lalu didihkan. Kecilkan api sambil panaskan perlahan, buka tutup panci dan aduk berkala hingga kacang melunak. Waktu memasak tergantung tipe kacang, tapi sebaiknya periksa masakan setelah 45 menit. Pastikan kacang terendam air saat dimasak, jika tidak tambahkan lagi air panas.

Kiat lain memasak kacang di antaranya:
* Tambahkan garam atau bumbu yang bersifat asam seperti cuka, tomat jika kacang sudah hampir masak atau sudah mulai lunak. Menambahkan bumbu terlalu awal akan membuat kacang matang lebih lama.
* Untuk mengetahui apakah kacang sudah matang, angkat dan hancurkan dengan dua jari Anda atau dengan garpu. Jika mudah dihancurkan artinya kacang sudah masak.
* Jika kacang ingin disimpan untuk penggunaan berikutnya, rendam kacang dalam air dingin lalu keringkan dan dinginkan dalam freezer
*  Sebanyak 0,5 kg kacang kering menghasilkan 5-6 cangkir kacang masak, atau 0,5 kg kacang kaleng sama dengan 1,5 cangkir kacang masak.

Cara menikmati kacang
Tambahkan kacang dalam sup, salad, atau sebagai taburan. Menjadikan kacang sebagai camilan lebih menyehatkan daripada mengudap keripik atau biskuit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com