Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga-jaga Kolesterol sejak Muda

Kompas.com - 04/01/2011, 12:14 WIB

KOMPAS.com — Kolesterol merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Meski kadar kolesterol dalam darah dipengaruhi makanan berlemak yang kita santap, sesungguhnya peningkatan kolesterol tidak terjadi dalam satu malam. Dibutuhkan proses bertahun-tahun, bahkan sejak masa kanak-kanak.

Itu sebabnya jika Anda ingin menjaga kadar kolesterol dalam level yang normal, Anda harus memulainya sejak usia muda. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa kadar lemak darah (kolesterol dan trigliserida) di usia dewasa berkaitan dengan gaya hidup di usia anak-anak.

Meski kadar kolesterol di usia remaja tinggi, sebenarnya jika kita memiliki gaya hidup sehat, misalnya tidak merokok dan tidak kegemukan, kita tetap bisa menjaga kadar kolesterol dalam kondisi normal.

Hal itu terbukti dari penelitian yang dilakukan Costan G Magnussen dari University of Tasmania, Australia. Ia dan timnya menganalisis kadar kolestetrol dan trigliserida 539 orang, dimulai ketika masa remaja dan dilanjutkan di usia dewasa.

Pemeriksaan pertama dimulai ketika partisipan  berusia 9 tahun, 12 atau 15 tahun di tahun 1985 lalu dilanjutkan lagi di tahun 2004 dan 2006 ketika mereka berusia 20-an dan 30-an tahun. Pada anak, salah satu pemicu kolesterol tinggi adalah kurang bergerak, kegemukan, dan kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak.

"Sebenarnya meski kadar kolesterol awal tinggi, di usia dewasa tidak selalu kadarnya akan tetap tinggi. Kecuali pada partisipan yang merokok, mereka ini kolesterolnya cenderung bertambah tinggi," kata Magnussen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com