Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Teknik Pilates untuk Hilangkan Lemak Perut

Kompas.com - 11/01/2011, 09:51 WIB

KOMPAS.com — Pilates kini menjadi pilihan olahraga yang banyak digemari. Fokus utama latihan pilates adalah daerah perut, terutama otot perut atas dan bawah. Meski begitu, teknik pilates tak hanya menyasar bagian perut, tetapi juga seluruh bagian tubuh. Bagi pemula, coba ikuti beberapa teknik berikut, yang memang dirancang untuk fokus pada perut. Anda bisa menghilangkan lemak perut jika memperagakannya dengan benar dan teratur.

The Hundred
Mulai teknik ini dengan berbaring, punggung menempel di lantai atau matras. Posisi kaki dan tangan diluruskan. Angkat kedua kaki bersamaan dan lengan Anda bersamaan sejauh 6 inci. Posisi dagu dan kepala menghadap atas dan tulang belikat tetap menempel pada lantai. Lalu, lakukan gerakan naik-turun pada lengan dengan irama cepat selama lima hitungan sambil membuang napas. Kembali ke posisi semula sambil mengambil napas. Ulangi gerakan kombinasi sambil menarik dan membuang napas ini 10 kali hitungan, lakukan 100 kali. Inilah sebabnya latihan pilates ini disebut teknik seratus.

The Teaser
Berbaringlah dengan punggung menempel di lantai atau matras. Posisi kaki diluruskan dan tangan di samping tubuh Anda. Pindahkan tangan ke atas kepala sambil mengangkat kaki lurus ke atas. Tarik napas dan cobalah untuk mengangkat badan hingga posisi duduk tegak, posisi kaki tetap terangkat. Buang napas, lalu turun ke posisi semula secara perlahan. Ulangi gerakan ini 3-5 kali.

Crisscrossers
Berbaring dengan punggung menempel di lantai atau matras. Angkat kepala sambil menarik lutut mendekati dada. Letakkan tangan di belakang kepala. Tarik napas dan putar tubuh perlahan ke kiri hingga siku kanan menyentuh lutut kiri sambil meluruskan kaki kanan. Tahan pose ini selama lima hitungan sambil membuang napas. Tarik napas saat kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini bergantian pada kedua sisi dan lakukan lima set.

Disarankan melakukan tiga latihan pilates ini 2-3 kali seminggu jika Anda ingin menghilangkan lemak perut. Pastikan Anda melakukan gerakan dengan benar, menyasar otot perut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com