Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scrub Wajah dari Daun Teh

Kompas.com - 13/01/2011, 17:50 WIB

KOMPAS.com - Teh memiliki banyak khasiat dan manfaat. Tak hanya bisa membantu mengurangi penumpukan zat-zat yang bisa menyebabkan penyakit dalam tubuh, seperti kolesterol, teh juga bermanfaat untuk kecantikan. Teh mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas. Antioksidan ini bisa berasal dari daun teh yang baru diseduh. Setelah meminum kandungannya, jangan langsung membuang ampas teh tersebut. Gunakan sisa daunnya untuk membersihkan kulit Anda.

Rina Poerwadi, Hollistic Natural Practitioner mengatakan, keuntungan teh dalam keseharian kita sangat banyak, dan kebiasaan masyarakat kita untuk meminum teh sudah cukup bagus dan berada pada jalur yang tepat. Namun, menurut Rina, sayangnya kita belum cukup menyadari pentingnya menikmati proses dari ritual minum teh itu. "Mindfulness itu yang masih kurang. Kita butuh kesadaran saat membuat teh agar khasiatnya benar-benar terasa dan berpengaruh pada tubuh (therapeutic benefit). Mulai dari membuat teh itu sendiri, menyeruputnya saat masih hangat, dan benar-benar menikmati teh itu lah yang bermanfaat. Percuma kalau kita membuat teh dan meminum teh terburu-buru, apalagi teh yang diminum sudah diseduh lama, khasiatnya sudah hilang," ujar Rina setelah acara Coaching Clinic Manfaat Teh untuk Kesehatan bersama Sosro di Metropolitan Theater of KidZania, Pacific Place, Jakarta, Kamis, 13 Januari 2011.

Salah satu efek yang jarang dimanfaatkan dari teh adalah sisa daun teh yang telah diseduh. Rina mengatakan, sisa daun teh yang telah diseduh bisa membantu menyegarkan kulit dan mengangkat kulit mati. Caranya; Sebelum tidur, saring daun teh yang telah selesai diseduh, buang tangkai-tangkai daun teh yang bisa melukai kulit. Simpan daun teh tersebut di luar ruangan untuk diembunkan hingga pagi hari (pastikan aman dari binatang yang lalu lalang). Lalu gunakan daun teh tersebut sebagai scrub (pengangkat kulit mati) di pagi hari dengan cara menggosokkan pada wajah. Daun teh bisa membantu mengangkat lapisan sel kulit mati, sisa zat pada teh bisa membuat wajah terkesan kesat dan lebih sehat. Embun dingin udara luar yang bercampur dalam teh berguna untuk menyegarkan kulit. Scrub ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali seminggu untuk menyegarkan wajah dan membuat kulit sehat.

Untuk mengecilkan mata yang sembap di pagi hari, Rina memberikan tips untuk menyimpan teh celup yang telah digunakan dalam kulkas hingga dingin. Lalu gunakan kantung teh tersebut untuk mengkompres mata sebentar. Rasa dingin bisa membantu mengecilkan pembuluh darah membesar penyebab kantung mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com