Kiat Membuat "Sandwich" Sehat

Kompas.com - 18/01/2011, 15:33 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Memastikan anak tetap makan sehat menjadi tantangan bagi banyak ibu. Salah satu caranya, menyiapkan bekal makan siang atau makanan ringan untuk anak di sekolah. Variasi makanan sehat juga bisa membantu ibu dalam menarik minat anak untuk melahap habis bekal yang disiapkan ibu dari rumah.

Pakar nutrisi Jennifer Nelson, MS, RD, dan Katherine Zeratsky, RD, punya ide menyelipkan daging ayam ke dalam menu sandwich sehat untuk variasi bekal anak di sekolah. Anda boleh saja meniru cara menyiapkan sandwich sehat ini, yang bukan sekadar daging dibalut roti.

* Ayam: Agar sandwich lebih sehat, pilih ayam panggang. Anda bisa mengiris, memotong dadu, atau membuatnya jadi suwiran kecil. Protein lain, seperti tuna, juga bisa menjadi variasi isi sandwich.

* Roti gandum: Pilih roti dengan kandungan gandum tinggi untuk membuat sandwich sehat, lalu iris. Anda bisa menggantikan roti gandum biasa untuk lapisan sandwich dengan roti bun (roti untuk burger atau hotdog), tortilla, muffin, roti pita, roti chiabatta, atau cracker.

*Olesan: Bahan olesan sandwich yang sehat bisa Anda dapatkan dari mostar, mayones rendah lemak, olesan dari bahan buah-buahan atau cranberry, madu, selai kacang, atau saus barbeque

* Topping: Untuk variasi topping, Anda bisa menggunakan selada, tomat, alpukat, paprika, seledri, mentimun, apel, pir, anggur, kismis, atau kacang yang dicincang halus.

* Cara menyajikan sandwich: Anda bisa menyajikan sandwich dengan cara tradisional, yakni roti ditumpuk ayam, lalu diberikan olesan dan dilapisi topping. Anda juga bisa menyajikan dengan gaya berbeda, seperti isi sandwich dilapisi roti yang digulung atau hanya menggunakan satu roti yang ditumpuk topping dan ayam tanpa dilapis lagi dengan roti di atasnya. Selain itu, sandwich panini dengan roti panjang yang empuk luar dalam dengan isi ayam dan sayuran.

Sebaiknya perbanyak porsi sayuran dan buah dalam isi sandwich. Lengkapi juga bekal sekolah anak Anda dengan minuman sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.