Mau Setrika Hemat, Perhatikan Logamnya

Kompas.com - 19/01/2011, 14:14 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Setrika listrik mungkin terlihat sepele. Namun kalau tak diperhatikan pemilihan serta pemakaiannya, piranti ini bisa juga memboroskan energi. Apalagi dibandingkan alat elektronika lainnya di rumah, setrika listrik termasuk yang menyedot daya tinggi. Bagaimana sih cara memilih dan memakai setrika dengan benar?

Menurut Dr-Ing Eko Adhi Setiawan, hal yang perlu diperhatikan dalam memilih setrika listrik pada dasarnya sama dengan produk elektronika lain. "Soal daya yang dibutuhkan untuk operasinya, lama garansi dan reputasi produk penting untuk dilihat."

Namun, menurut Eko, yang kini aktif menjadi dosen Teknik Elektro Universitas Indonesia, jenis setrika bisa menjadi pertimbangan. "Sekarang kan ada produk setrika yang memiliki kontrol suhu otomatis. Nah ini juga akan membantu penghematan energi," katanya.

Sementara dalam memakaiannya, Eko menjelaskan pentingnya membersihkan bagian bawah setrika agar produk lebih hemat energi. "Bagian bawah itu harus sering dibersihkan agar panasnya bisa langsung digunakan," katanya.

Menurutnya, lapisan coklat yang sering ada di bagian bawah setrika menyerap panas yang diproduksi. Kotoran pun membuat Anda menunggu lebih lama hingga setrika panas. Akhirnya panas bisa terbuang sia-sia

Eko juga menganjurkan untuk menghindari pasang cabut listrik. Hal tersebut akan membuat daya yang dikeluarkan lebih besar. Menyetrika dalam jumlah banyak sekaligus lebih baik daripada menyetrika satu per satu. Sebab, untuk mencapai panas yang diperlukan butuh waktu bagi setrika dan hal tersebut membutuhkan daya listrik.

Terakhir, penting untuk memperhatikan jenis bahan dan suhu yang sesuai. Anda bisa menyetel dengan pemutar yang ada untuk melakukan hal ini. Selain menjaga pakaian tetap awet, ini akan membantu Anda menghemat energi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.