Dua Pilihan Amaris di Bandung - Kompas.com

Dua Pilihan Amaris di Bandung

Kompas.com - 20/01/2011, 21:24 WIB

KOMPAS.com - Sejak pertama kali dibuka di Panglima Polim pada tahun 2007, Amaris Hotel, yang juga berada di jajaran Grup Santika Indonesia Hotel & Resorts terus berkembang. Hingga kini, Amaris sudah memiliki setidaknya 13 hotel. Dua yang terbaru berada di 1 kota yang sama, Bandung. Kompas Female dan beberapa media lain diajak ke acara open house yang diadakan kedua hotel ini pada hari Kamis, 20 Januari 2011, dan sempat berbincang dengan salah seorang managernya, Tjatur Prasetya.

Dijelaskan oleh Tjatur, awalnya Amaris Hotel memiliki konsep bed and breakfast berdesain minimalis. "Dalam arti, tamu yang datang adalah mereka yang membutuhkan tempat bermalam, lalu paginya makan sebentar, kemudian melanjutkan aktivitas di luar hotel. Jadi, bukan pula untuk bersantai untuk menikmati hotel berlama-lama. Karena itu, sebagian besar Amaris Hotel tidak menyediakan kolam renang, meski di beberapa hotel di kota lain menyediakan, karena disesuaikan dengan kondisi lokasi."

Menurutnya, Amaris Hotel lebih ditujukan kepada pasar pebisnis. Namun, pada kenyataannya, kadang yang datang tidak selalu pebisnis. "Untuk Amaris Hotel Cihampelas, karena letaknya dekat dengan jantung kota, hotel itu cocok untuk para pebisnis. Namun, untuk Amaris Hotel yang di Cimanuk, karena dekat dengan daerah pusat perbelanjaan di daerah jalan Riau dan sekitarnya, banyak didatangi oleh keluarga, khususnya yang berasal dari Jakarta," papar Tjatur.

Hotel pertama yang kami kunjungi adalah Amaris Hotel Cihampelas yang tepatnya berada di jl Cihampelas no. 171. Hotel Amaris ke-9 yang diresmikan pada tanggal 9 bulan 9 tahun lalu ini memiliki 132 kamar dengan standar LCD TV, in room safe, shampo dan sabun yang menempel pada dinding, wifi, kafe @Xpress (tempat sarapan), dan meeting room berkapasitas 50 orang.

Sementara hotel kedua, Amaris Hotel Cimanuk, berlokasi di jl Cimanuk no. 14, Bandung, tak terlalu jauh dari hotel Santika Bandung yang dekat dengan jl Sumatra. Di sini, kamar yang tersedia sekitar 60 ruangan, dan desain pun tak terlalu banyak berbeda dari yang pertama. "Namun, karena sekeliling kami adalah perumahan, hotel kami memang terkesan lebih homy bagi para pengunjung, jadi memang cocok dengan pengunjung keluarga. Plus kid's pool yang berada di luar ruangan juga akan disukai keluarga yang datang bersama anak-anaknya. Setelah itu, mereka tinggal berjalan kaki sekitar 50 meter untuk berbelanja di factory outlet daerah sini," jelas Tjatur yang memegang tanggung jawab sebagai manager hotel di Amaris Hotel Cimanuk. Hotel Cimanuk dibuka pada tanggal 15 Juli 2010, berdekatan dengan pembukaan Amaris Hotel Panakukkang dan Palangkaraya, yang membuahkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atas pembukaan 3 hotel dalam waktu berdekatan.

Mengapa dua hotel berkonsep sama dibuka berdekatan dalam kota yang sama? Tjatur menjelaskan, karena melihat pasar yang cukup besar dan tujuan pengunjung yang sedikit berbeda. "Tergantung lokasi sekitar juga dan tujuan utama mereka. Karena masing-masing letak hotel ini cukup unik. Lokasinya pun punya kelebihan masing-masing. Jadi, pasarnya tak terlalu berisiko. Yang penting kami memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung," tekan Tjatur yang sudah 12 tahun bekerja di Grup Santika itu.

Sejak dibuka pertengahan tahun lalu, diakui Tjatur, pergerakan hotel ini cukup naik-turun. Mengingat pembukaan dilakukan usai musim liburan yang artinya low season, kemudian memasuki bulan puasa yang juga cenderung rendah okupansi. Namun, usai itu, mendekati akhir tahun, tingkat okupansi meninggi, khususnya setiap akhir minggu. "Bahkan di setiap akhir pekan, khususnya hari Jumat dan Sabtu, kamar kami pasti penuh diisi oleh keluarga. Jangan coba-coba datang langsung, karena pasti penuh. Sebaiknya lakukan reservasi dari jauh hari," sarannya. Selain karena letak yang cukup strategis, kedua hotel ini juga mematok harga yang cukup kompetitif mengingat kamar yang nyaman dan lokasi yang memudahkan, yakni antara Rp 405.000 - Rp 470.000 (tergantung banyaknya permintaan pada tanggal pemesanan kamar).

Ke depannya, untuk menarik lebih banyak pelanggan, Tjatur berencana akan bekerja sama dengan beberapa factory outlet di sekitar hotelnya untuk memberikan penawaran khusus sebesar 30 persen setelah mereka berbelanja dalam jumlah tertentu. Rencana ini baru akan dijalankan sekitar 3 bulan ke depan. Jika Anda berencana datang ke Bandung untuk berbelanja dan mencari tempat menginap, Amaris Hotel Cimanuk cocok dijadikan pilihan.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan di Amaris Hotel, klik www.amarishotel.com.


EditorNadia Felicia

Close Ads X