Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Produk Kecantikan Pilihan Anda?

Kompas.com - 27/01/2011, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Produk kecantikan semakin bebas beredar di pasaran. Berbagai pertimbangan dipilih banyak perempuan dalam menentukan produk kosmetika yang digunakan harian. Harga murah, merek ternama, atau imej bahwa produksi luar negeri lebih bagus dari segalanya, adalah beberapa pertimbangan pada umumnya. Anda perlu berhati-hati memilih kosmetika, karena belum tentu pilihan Anda cocok dengan kebutuhan kulit.

Pakar kosmetodermatologi tropis, Dr Retno Iswari Tranggono, SpKK, mengatakan kosmetika yang aman diramu dari bahan baku dengan tingkatan yang aman.

"Bahan baku kosmetika harus berasal dari zat aktif yang bermanfaat untuk kulit, sudah melalui tes klinis dan penggunaan zat warna yang aman yang tidak bereaksi dengan sinar matahari," jelas Retno, di sela temu media di Grand House of Ristra, Radio Dalam, Jakarta Selatan, Rabu (26/1/2011) lalu.

Sayangnya, bahan baku kosmetik hasil riset dalam negeri belum menyentuh kebutuhan keseharian. Banyak riset kosmetika dalam negeri yang tidak applicable. Alhasil, bahan baku kecantikan yang diramu di dalam negeri masih berasal dari luar, jelas Dr Retno. Meski begitu, pemilihan bahan kosmetika yang aman perlu menjadi pertimbangan utama, jika ingin menghasilkan produk yang sehat.

Tanyakan bahan bakunya
Penggunaan kosmetik yang bersih, sehat, dan teratur dari bahan yang aman, teruji klinis, dan bisa dipertanggungjawabkan, adalah syarat utama jika ingin memiliki kulit sehat. Sebagai konsumen, Anda berhak mendapatkan informasi detail mengenai kosmetik yang Anda pilih dan beli.

Sitawati, National Marketing Manager Ristra Group, menjelaskan bahan baku kosmetika yang berkualitas berasal dari jenis atau tingkatan yang terbaik. Selain itu juga tidak mengandung zat berbahaya seperti merkuri atau zat warna yang berasal dari industrial grade.

Kosmetika yang berasal dari jenis bahan food grade seperti lipstik atau eyeshadow masih aman digunakan, kata Sita, selama tidak mengandung racun. Sedangkan untuk krim wajah, sebaiknya pilih produk kecantikan dengan bahan baku level cosmeceutical grade. "Cosmeceutical grade ini paduan dari kosmetik grade dan farmasi grade," jelas Sita kepada Kompas Female.

Manfaat dari menggunakan produk kosmetika dengan kandungan zat aktif di antaranya memperbaiki fisiologi kulit. Artinya, kosmetika yang aman dan teruji klinis bisa menyehatkan kulit Anda.

Sedangkan untuk mengenali bahan baku dalam produk kecantikan harian bisa dilihat dari harga. Kosmetika dari industrial grade biasanya dijual dengan harga murah. Tak bisa dipungkiri, harga menentukan kualitas produk kosmetika yang aman dan sehat.

Sita menyebutkan, tingkatan dari bahan kosmetika yang umum digunakan adalah industrial grade, cosmetic grade, food grade, farmasi grade, dan yang paling baik adalah cosmeceutical grade.

Selain tingkatan bahan baku, kosmetika yang menyehatkan kulit juga dipengaruhi dari pilihan produk dan penggunaannya.

"Kosmetik yang bagus dan efektif merawat kulit adalah yang satu rangkaian dan satu merek, agar zat aktif bisa memberikan manfaat maksimal," jelas Sita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com