Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja dengan Kartu Kredit atau Uang Tunai?

Kompas.com - 31/01/2011, 14:22 WIB

KOMPAS.com Tak ada salahnya memiliki kartu kredit, apalagi saat Anda membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk kebutuhan mendadak, seperti biaya pengobatan di rumah sakit. Namun, penggunaan kartu kredit yang keliru hanya akan menenggelamkan Anda pada tumpukan utang dan masalah finansial. Apalagi, jika kebiasaan belanja Anda cenderung bersifat emosional, bukan belanja yang terencana.

Tak sedikit perempuan yang memiliki lebih dari tiga kartu kredit di dompetnya. Tak mengherankan jika isi dompet lebih banyak dipenuhi kartu daripada uang tunai. Namun, hal ini tak berlaku bagi aktris Cut Mini Theo (37). "Saya hanya punya dua kartu kredit dan lebih sering berbelanja dengan uang tunai. Kartu kredit lebih sering digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket," tuturnya kepada Kompas Female.

Pengalaman pahit terkait dengan kartu kredit pada masa lalu membuat Cut Mini belajar dari kesalahannya dalam mengelola keuangan. Meski tak merinci masalah keuangan yang pernah dialaminya, Cut Mini mengaku kini lebih bijak menggunakan kartu kredit dan lebih aman berbelanja dengan uang tunai.

Cut Mini memilih menggunakan kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga yang memang menjadi kebutuhan dasarnya. "Saya senang berbelanja di supermarket. Saya suka barang-barang yang bagus dan baru untuk saya gunakan langsung," kata peraih gelar Best Actress lewat film Laskar Pelangi di 36th Brussels International Independent Film Festival 2009 ini.

Selebihnya, jika ingin membeli sepatu, tas, atau pakaian, Cut Mini lebih memilih menggunakan uang tunai. Lagi pula, belanja produk fashion bukan candu baginya. "Sehari-hari saya lebih suka pakai jins, kaus, sepatu kets, sandal flip-flop (sandal jepit). Soal belanja, saya enggak ekstrem," ujarnya.

Lantaran tak punya kebiasaan berbelanja yang berlebihan, Cut Mini tak lagi mengalami masalah keuangan. Penggunaan kartu kredit yang terukur, dengan limit tak terlalu besar, Rp 2 juta-Rp 5 juta setiap bulan, serta kebiasaan berbelanja menggunakan uang tunai membuat keuangan tetap aman.

"Saya lebih senang cash karena enggak banyak utang," ia menegaskan.

Bagaimana dengan Anda? Lebih sering belanja tunai atau menggunakan kartu kredit dengan ragam penawaran menggiurkannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com