Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turun, Jumlah Kolesterol dalam Telur

Kompas.com - 10/02/2011, 07:18 WIB

KOMPAS.com — Kabar gembira bagi para pencinta telur. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) pada Selasa (8/2/2011) mengumumkan adanya perubahan nutrisi dalam telur. Salah satunya, kandungan kolesterol menurun.

Berdasarkan evaluasi rutin terhadap kandungan nutrisi makanan yang dilakukan USDA terhadap makanan lokal, dibandingkan dengan tahun 2002, telur-telur yang beredar saat ini mengandung kolesterol 14 persen lebih rendah dan memiliki lebih banyak vitamin D (64 persen).

Dalam satu butir telur berukuran besar kini hanya terdapat 185 miligram (mg) kolesterol, turun dari 212 mg dan 41 IU vitamin D atau naik 18 IU vitamin D. Selain itu, telur juga mengandung jumlah kalori yang masih sama, yakni 70 kalori, dan 6 gram protein.

The American Egg Board menyebutkan bahwa perubahan tersebut dipengaruhi oleh faktor pemberian makanan pada ternak ayam, termasuk penambahan suplemen vitamin D.

Meski jumlah kolesterol telur lebih sedikit, menurut Dietary Guidelines for Americans, orang dewasa disarankan untuk membatasi asupan kolesterolnya kurang dari 300 mg per hari sehingga sebutir telur masih mengandung kolesterol separuh dari yang disarankan. Padahal, asupan kolesterol juga didapatkan dari jenis makanan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com