Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cepat Mengatasi Kram

Kompas.com - 10/02/2011, 19:29 WIB

KOMPAS.com - Kram saat olahraga mungkin saja terjadi. Namun, kita tak perlu panik sebab Fabio Comana, ahli fisiologi olahraga, memiliki cara cepat untuk menghilangkan rasa sakit pada otot yang menegang tersebut.

Minum: Dehidrasi adalah salah satu penyebab kram. Ini terjadi karena tingkat elektrolit tubuh terpengaruh kala kita kekurangan cairan. Minumlah setidaknya 600 ml air, 3 jam sebelum beraktivitas. Dan, minum lagi sebanyak 250 ml setiap 15 menit selama latihan.

Lenturkan otot: Hentikan aktivitas yang tengah kita lakukan, lalu cobalah melenturkan otot di area yang terasa sakit selama 20-45 detik, atau hingga rasa sakit hilang. Kram adalah gejala otot yang tegang. Jadi, melenturkan otot adalah solusi yang tepat.

Tekan bagian yang kram: Ini dapat membantu melepaskan ketegangan otot. Selain itu, tekanan juga akan merangsang reseptor otot untuk melepaskan ketegangan.

Pijat area yang sakit dengan keras: Seperti ketika kita menguleni adonan kue. Cara ini merupakan gabungan kedua metode sebelumnya, yakni melenturkan dan menekan.

(Prevention Indonesia Online/Christina/Siagian Priska)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com