Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Talkshow "Bebas Bakteri dengan ASI"

Kompas.com - 16/02/2011, 15:29 WIB

KOMPAS.com - Heboh tentang pemberitaan susu formula berbakteri akhir-akhir ini membuat sebagian besar orang tua resah. Tanda tanya mengenai nama-nama merek susu formula di pasaran yang tercemar Enterobacter Sakazakii belum juga terjawab hingga saat ini.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan BPOM mengklaim tidak pernah mengetahui hasil penelitian tersebut. Sedangkan IPB selaku lembaga yang  meneliti cemaran bakteri itu belum berkenan mengumumkannya kepada publik dengan alasan etika dan independensi.

Kenyataan ini jelas membuat masyarakat bingung karena tak ada pihak yang dapat mengklarifikasi temuan susu tercemar tersebut. Minimnya informasi dan pengetahuan masyarakat mengenai nutrisi yang tepat bagi bayi juga membuat isu ini bisa menjadi bertambah pelik.

Pada beberapa kesempatan, Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih berulangkali mengimbau masyarakat untuk memberi Air Susu Ibu (ASI) untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri membahayakan pada bayi.

ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi mengingat beribu manfaat yang diberikannya mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, membuat cerdas, hingga menciptakan ikatan kuat antara ibu dan anak.

"Kami tidak menganjurkan bayi kurang dari 6 bulan minum susu formula. Harus disusui eksklusif dan diteruskan sampai dua tahun dengan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu)," ungkap Menkes pekan lalu.

Nah, informasi tentang keunggulan ASI mencegah kontaminasi bakteri mungkin belum banyak yang tersampaikan kepada masyarakat.  Apa saja dan bagaimana  memberi ASI secara maksimal khususnya bagi para ibu yang bekerja pun belum sepenuhnya dipahami masyarakat.

KOMPAS.com dalam kegiatan promonya pekan ini mengadakan talkshow kesehatan bertajuk Mau Bebas Bakteri, Berikan ASI!.  Acara ini akan digelar di Atrium Mall Pejaten Village pada Sabtu, 19 Februari 2011 mulai pukul 14.00 WIB.

Acara yang digagas kanal Kompas Health KOMPAS.com ini akan mengundang  konselor laktasi yang juga Ketua AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Mia Susanto dan penyanyi Widi AB Three yang kini tengah sibuk membesarkan anaknya.

Selain talkshow kesehatan, pada sesi sebelumnya yakni pada pukul 13.00 juga akan diadakan talkshow lain dengan topik properti. Talkshow yang digagas Kanal Properti KOMPAS.com  ini akan menghadirkan Stevens Hoki Plus yang akan membahas tentang bisnis, propreti dan keuangan dari sisi fengsui.

Jadi, kosongkan agenda Anda untuk hari Sabtu nanti, lalu ajak keluarga Anda ke Mall Pejaten Village untuk mengikuti acara yang akan bertabur hadiah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com