Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan dengan Batik Pewarna Alam di "Back to Nature"

Kompas.com - 18/02/2011, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Selama tiga hari ke depan (18-20 Februari 2011), Sanggar Seni dan Budaya Jawa Jawi Java dan Epicentrum Walk menggelar ajang bertajuk "Back to Nature" di area oval Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta. Ajang ini merupakan rangkaian acara sosialisasi batik menggunakan pewarna dari alam yang ramah lingkungan. Tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan batik pada anak muda supaya tertarik dan harapannya berminat melestarikan budaya.

Jika Anda punya rencana mengenalkan anak Anda kepada batik, ajang ini bisa menjadi salah satu jalannya. "Kami berharap, acara ini tidak hanya memotivasi masyarakat kalangan muda untuk mengenal batik lebih jauh, namun sekaligus memperkenalkan pewarna alami yang aman dan bisa indah sebagai pewarna batik," jelas Sri Sumaningsih Budiarti, Direktur Sanggar Jawa Jawi Java saat konferensi pers, Jumat, 18 Februari 2011, di Comic Cafe, Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta.

Besok, rencananya akan ada kegiatan pemecahan rekor MURI melakukan pewarnaan warna alam pada aplikasi tie-dye serentak bersama 1.600 orang pada pukul 10.00 WIB. Berbagai kegiatan lain dalam acara "Back to Nature"; membatik, melukis, pameran buku tradisional, edukasi seni, musik tradisional, workshop, bazaar (busana batik, handicraft, camilan tradisional), serta berbagai lomba untuk generasi muda, seperti fashion stylist, fashion drapery, ilustrator, dan fotografi.

Ada pula acara talkshow bersama Rima Melati di hari ketiga, mengenai cara memakai kain yang baik, serta talkshow beautiful mind. Ichwan Thoha, desainer sekaligus konseptor fashion acara ini juga menyiapkan peragaan khusus, "Saya menciptakan 10 busana pria dan 10 busana wanita eksklusif untuk acara ini. Busana-busana itu terbuat dari kain batik dari pewarna alami. Rencananya, pagelaran busananya diadakan di hari kedua, Sabtu, 19 Februari 2011, jam 19.00."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com