Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alessandra Usman: Donorkan Darah Meski Takut Jarum

Kompas.com - 25/02/2011, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Kontribusi sosial bisa dilakukan individu dengan banyak pilihan cara, salah satunya donor darah. Menyumbangkan 250-450 cc darah, Anda bisa menolong sejumlah orang yang membutuhkan. Puteri Indonesia Pariwisata 2010 Alessandra Usman membuktikannya. Perempuan yang mengaku takut jarum ini memberanikan diri mengikuti tahapan donor darah, dan menyumbangkan 250 cc darahnya.

"Terakhir saya donor darah waktu kuliah. Sekarang donor lagi 250 cc, dan bisa untuk membantu dua orang. Menyumbangkan darah untuk orang yang sekarat bisa menjadi bentuk kegiatan sosial individu yang punya banyak manfaat," kata perempuan yang akrab disapa Sandra ini kepada Kompas Female.

Sandra, yang dinobatkan menjadi Duta Badan Narkotika Nasional, mengikuti tahapan donor darah yang diadakan sebagai salah satu rangkaian acara Gerakan Nasional Anti Narkoba dam Gerakan Nasional Donor Darah. Setelah mengisi formulir pendaftaran, tahapan berikut yang dilakukan Sandra adalah mengecek hemoglobin darah dan mengukur tensi darah. Setelah dinyatakan normal oleh petugas medis dari PMI Indonesia, Sandra mulai mendonor darahnya. Hanya dalam beberapa menit, ratusan cc darah terambil darinya dan menjadi stok darah PMI yang disalurkan kepada yang membutuhkan.

Kondisi tubuh yang sehat menjadi syarat jika ingin donor darah. Inilah yang memicu Sandra untuk rutin berdonor darah nantinya. Karena selain ingin berbagi dengan sesama, melakukan donor darah memacunya untuk selalu menjalani pola hidup sehat. "Hidup sehat, tidur cukup, dan menjaga kesehatan fisik. Dengan begitu kita bisa melakukan banyak hal positif, termasuk menyumbangkan setetes saja darah," kata gadis bergolongan darah O ini.

Bagaimana dengan Anda? Berapa kali mendonorkan darah, atau sudah cukup sehatkah tubuh Anda untuk berdonor darah? Hidup sehat memungkinkan Anda melakukan banyak hal, peduli dan menyumbangkan darah hanya salah satu contoh paling sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com