Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

John Galliano Dipecat oleh Dior

Kompas.com - 02/03/2011, 13:27 WIB

KOMPAS.com — Rumah mode Christian Dior resmi memecat desainer utamanya, John Galliano, Selasa (1/3/2011). Desainer berusia 50 tahun ini dituduh membuat komentar rasis dan anti-Semitis di kafe La Perle di distrik Marais, Paris.

"Dari pernyataan dan tindakan yang sangat menyinggung perasaan oleh John Galliano dalam sebuah video yang disebarluaskan pada hari Senin (28/2/2011), Christian Dior telah memulai prosedur pemberhentian terhadap dirinya," demikian pengumuman dari rumah mode ini. Sidney Toledano, bos rumah mode ini, menambahkan, pernyataan dan tindakan Galliano tersebut menyimpang dari nilai-nilai yang ingin diangkat oleh Christian Dior.

Desainer berusia 50 tahun ini dilaporkan telah melontarkan makian bernada anti-Semitis (sikap menebar kebencian dan prasangka terhadap kaum Yahudi) terhadap pasangan Geraldine Bloch dan Phillippe Virgiti, Kamis (24/2/2011) lalu. Galliano langsung ditangkap dan sejak itu tugas-tugasnya di House of Dior ditangguhkan sehingga mengancam persiapan peragaan koleksi siap pakai untuk autumn/winter-nya Jumat ini. Kepolisian Paris membenarkan semua tuduhan itu dan mengatakan bahwa Galliano akan menghadapi tuntutan kriminal.

Video tak bertanggal berisi komentar-komentar rasis Galliano itu diperoleh dan di-posting oleh tabloid Inggris The Sun. Tampak dalam video yang direkam dari ponsel itu, Galliano duduk di bar sambil mengucapkan hinaan terhadap orang-orang di sekitarnya. "Orang-orang seperti kalian harusnya mati. Ibumu, nenek moyangmu, harusnya semua dimasukkan kamar gas," cerocosnya.

Tak hanya memperolok, Galliano juga dilaporkan menyerang seorang wanita, menjambak rambutnya, dan mengejeknya. Bahkan, seorang teman Galliano pun tak luput dari komentar-komentar rasis tersebut. Tak jelas apakah Galliano yang pertama kali "membuat gara-gara" ataukah para korbannya. Akhir pekan lalu, seorang wanita berusia 48 tahun juga mengaku mendapat hinaan yang sama. Beberapa saksi mata membenarkan pernyataannya itu.

Meskipun tak satu pun dari para korban yang menerima hinaan itu dari etnis Yahudi, tapi menurut hukum Perancis, membuat komentar antisemitis dianggap sebagai hasutan terhadap prasangka rasial. Hukumannya maksimal enam tahun penjara.

John Galliano sudah bergabung dengan Dior sejak 1999. Klien-kliennya antara lain Charlize Theron, Natalie Portman, Marion Cotillard, Ibu Negara Perancis Carla Bruni, Kate Moss, dan Nicole Kidman. Nicole mengenakan busana Dior saat tampil di Academy Awards, Minggu lalu. Sedangkan Kate Moss telah meminta desainer flamboyan ini untuk merancang gaun pengantinnya.

Menanggapi video tersebut, Natalie (yang saat ini menjadi spokesmodel untuk Miss Dior Cherie) mengeluarkan pernyataan, "Saya sangat terkejut dan jijik melihat video itu. Sebagai pribadi yang bangga menjadi seorang Yahudi, saya tidak akan terkait dengan Mr Galliano dalam cara apa pun. Saya berharap, komentar-komentar buruk ini mengingatkan kita untuk merefleksikan diri dan bertindak melawan prasangka-prasangka yang masih ada, yang merupakan kebalikan dari apa yang sebenarnya indah."

Seusai menggelar koleksi ready-to-wear untuk Dior, Jumat ini, dua hari kemudian rencananya Galliano juga akan menampilkan koleksi atas namanya sendiri sebagai bagian dari Paris Fashion Week. Kini, semua rencana itu berantakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com