Agar Mesin Cuci Tahan Lama

Kompas.com - 02/03/2011, 14:56 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Apapun pilihan tipe mesin cuci, bukaan atas (top load) atau bukaan depan (front load), alat rumah tangga ini seharusnya mempermudah pekerjaan rumah. Namun, kerapkali penggunaan dan perawatan yang keliru membuat mesin cuci menjadi cepat rusak dan tak lagi berfungsi dengan baik.

"Kebanyakan keluhan konsumen mengenai kerusakan mesin cuci karena cara mencuci yang salah, tidak sesuai dengan buku panduan yang sudah diberikan," jelas Haryono Simon, General Manager PT Electrolux Indonesia saat peluncuran deterjen khusus mesin cuci Rinso Matic di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (1/3/2011) lalu.

Menurut Simon, ada tiga penyebab yang membuat mesin cuci berumur pendek:

1. Tegangan listrik. Tegangan listrik yang tidak stabil memengaruhi kondisi mesin cuci. Artinya jika tegangan listrik sering naik-turun di rumah, dampaknya bisa langsung mengena ke peralatan elektronik rumah tangga termasuk mesin cuci. Pastikan listrik stabil jika ingin mesin cuci berumur panjang.

2. Cara mencuci baju. Saat mencuci baju, pastikan Anda mengikuti panduan penggunaan mesin cuci. Simon menjelaskan saat mencuci baju pilih program yang sesuai, jangan asal mencampurkan semua jenis bahan sekaligus. Mencuci jeans harus dibedakan dengan bahan lain yang lebih lembut.

3. Peletakan mesin cuci. Mesin cuci yang diletakkan miring atau tidak sempurna akan mengganggu kinerja mesin. Akhirnya mesin cuci mudah rusak, kata Simon.

Dewi Lestari, penulis dan ibu rumah tangga, memiliki pengalaman ini. Cara peletakan mesin cuci yang keliru memengaruhi kondisi mesin cuci di rumahnya. Selain itu, Dee mengatakan perawatan yang rutin usai penggunaan mesin cuci juga memperpanjang umur alat rumah tangga ini.

"Setiap kali usai menggunakan mesin cuci, saya selalu membersihkannya agar terbebas dari jamur," akunya. Simon mengatakan perawatan rutin memang dibutuhkan, setidaknya enam bulan sekali.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X