Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak Juga Bisa Kolesterol Tinggi

Kompas.com - 02/03/2011, 15:49 WIB

Kompas.com — Kadar kolesterol yang tinggi selama ini lebih identik dengan orang-orang berusia pertengahan. Padahal, orang dari kelompok yang lebih muda, bahkan anak-anak, juga bisa menderita kolesterol tinggi.

The American Academy of Pediatrics belum lama ini mengeluarkan panduan terbaru mengenai tes kolesterol. Mereka menyatakan anak-anak yang kegemukan, menderita hipertensi, atau memiliki riwayat keluarga menderita penyakit jantung direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol sejak usia 2 tahun.

Penelitian juga menunjukkan aterosklerosis, yaitu pengerasan pembuluh darah yang bisa memicu serangan jantung, bisa terjadi sejak anak berusia delapan tahun.

Anak kecil yang terus kegemukan sampai mereka berusia 13 tahun, 80 persen akan terbawa sampai tua. Lebih berbahaya lagi apabila obesitas tersebut terjadi pada tubuh bagian perut. Alasannya, kelenjar lemak pada perut cepat sekali bergerak ke organ tubuh vital, seperti jantung, paru-paru, dan lever yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Selanjutnya, bisa berakibat pada kematian.

Seperti halnya orang dewasa yang menderita kolesterol tinggi, anak-anak juga perlu menjalani diet rendah lemak dengan cara menghindari makanan tinggi lemak dan kolesterol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com