Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Siap Umumkan Susu Tercemar

Kompas.com - 04/03/2011, 21:54 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, pihaknya siap mengumumkan susu formula yang diduga tercemar bakteri setelah melakukan pengujian ulang.

"Kami siap mengumumkan kepada masyarakat jika ternyata memang positif mengandung bakteri," katanya seusai meresmikan gedung reproduksi dan kontrasepsi di RS Dr Sardjito Yogyakarta, Jumat (4/3/2011).

Namun, kapan pengumuman tersebut akan disampaikan, masih menunggu hasil pengujian ulang terhadap susu formula yang diduga tercemar bakteri.

"Kami telah menyiapkan berbagai langkah, khususnya untuk melakukan perlindungan terhadap kesehatan konsumen selama dilakukan pengujian ulang," katanya.

Ia mengatakan, susu formula yang diduga tercemar berbakteri itu saat ini memang sedang dilakukan pengujian ulang. Langkah tersebut diberlakukan pada semua susu formula yang beredar di masyarakat.

Mengenai adanya keluhan sebagian masyarakat terhadap kenaikan harga susu formula di pasaran, ia mengatakan hal itu bukan kewenangan Kementerian Kesehatan (Kemkes) karena susu formula bukan obat dan alat kesehatan.

"Kami tidak berada dalam ranah itu. Jadi, soal kenaikan harga susu formula bukan kewenangan kami," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com