Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glen Fredly Bawa Penonton ke Negeri Dongeng

Kompas.com - 05/03/2011, 14:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis sekaligus pencipta lagu Glenn Fredly tahu betul bagaimana cara untuk menyita perhatian penonton di hari pertama pertunjukan Java Jazz Festival 2011. Glenn bukan sekadar bernyanyi saja, mantan suami vokalis Dewi Sandra itu juga mengajak penyuka musiknya untuk ke 'negeri dongeng' dengan sejuta curhatnya.

Sebelum sampai di lagu Akhir Cerita, lebih dulu vokalis Nyong Ambon itu berbagi keluh kesahnya mengenai kemelut yang terjadi di tubuh PSSI.

"Saya galau luar biasa dengan cerita di negeri dongeng ini. Kalau memang harus diganti itu ketua sepakbola yang enggak mau turun-turun, ya sudahlah turun saja. Itu yang membuat saya galau," ungkap Glenn di pentas Hall A2 BNI, Java Jazz Festival, Kemayoran, Jakarta, Jumat (4/3/2011).

"Sampai kapan koalisi itu kawan? Yaitu negeri dongeng. Di negeri dongeng, polisi dan politisi kerjasama. Saya bayar pajak, tapi ke mana pajak itu? "sambungnya sebelum Tega menjadi lagu berikut yang disuguhkan.

Glenn tak sendiri, ia mengundang aktor Lukman Sardi naik ke atas panggung untuk membacakan puisi Pajak Sebatang Lisong karya W.S Rendra. Dengan lantang, pemeran Ki Ahmad Dahlan di film Sang Pencerah itu menyajikan puisi bernada kritik, sementara Glenn memberikan harmoni lewat petikan gitar akustiknya.

Kritikan dan sindiran satir dari Glenn terus berlanjut, kali ini penonton diajaknya untuk menikmati lagu Bongkar (dipopulerkan Iwan Fals), Rasa Sayange, dan You're My Everything.

"Saya tidak ingin bangsa kita hancur karena pemikir-pemikir yang sempit, kalian semua adalah agen perubahan. Katakan benar pada yang benar, katakan salah pada yang salah, peace, love, and respect," pungkas Glenn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com