Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Belanja di Mal Makin Mudah dan Terarah

Kompas.com - 16/03/2011, 10:20 WIB

KOMPAS.com - Jika belanja menjadi kebiasaan atau hobi Anda, mulailah membatasi diri karena kini ragam model belanja kian memudahkan Anda. Belum lagi penawaran menggiurkan dengan diskon dan voucher yang bisa mencapai 80 persen seperti di dealkeren.com. Konsep MallVoucher.com yang diaplikasikan pertama kali di Plaza Indonesia mewadahi kebutuhan ini. Berbagai online shopping juga semakin memudahkan pembeli untuk bertransaksi kapan saja di mana pun lokasinya.

Kalau belanja sudah semakin mudah, lantas bagaimana mengontrol keinginan membelanjakan uang Anda? Anda perlu lebih cermat membedakan keinginan dan kebutuhan. Kalaupun Anda berbelanja, sebaiknya lakukan karena fungsi -bukan sekadar gengsi. Meski begitu, perencana keuangan Ligwina Poerwo-Hananto mengatakan Anda tak perlu membatasi diri untuk tidak berbelanja dengan alasan penghematan. Anda tetap bisa menikmati kemudahan berbelanja asalkan terencana dengan anggaran yang rasional.

"Harus ada budgeting untuk belanja setiap bulannya. Aturannya, tidak melebihi kompisisi tabungan, yakni 10-30 persen dari penghasilan setiap bulannya. Pastikan Anda berbelanja sesuai anggaran bulanan. Atau cara lainnya, buatlah the magical shopping account. Jadi setiap bulan setelah gajian pindahkan uang untuk belanja ke rekening lain," jelas Ligwina kepada Kompas Female beberapa waktu lalu. 

Bila Anda menginginkan sebuah benda atau barang misalnya, kumpulkan uang dalam tiga bulan, misalnya dalam rekening belanja. Uang yang terkumpul dalam rekening belanja ini bebas Anda gunakan untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Setelah bersiap dengan anggaran, nikmati kebebasan berbelanja dengan ragam kemudahan yang ditawarkan, seperti konsep MallVoucher di Plaza Indonesia. Dina Humairo, Marketing Communication Head PT Plaza Indonesia Realty menjelaskan, melalui akses di MallVoucher.com, konsumen bisa mendapatkan informasi terkini seputar koleksi terbaru brand ternama di Plaza Indonesia. Begitu juga dengan penawaran menarik seperti diskon atau voucher belanja.

"Setiap harinya selalu ada penawaran menarik dari berbagai tenant ternama di Plaza Indonesia. Program yang pertama kali dirilis mal di Indonesia ini juga berlaku selamanya sejak diluncurkan pada Maret 2011. Artinya ini bukan program promosi semata," jelas Dina kepada Kompas Female.

Dengan konsep ini, pembeli mempunyai keuntungan memilih produk dengan informasi yang lebih cepat didapatkan melalui MallVoucher.com. Selanjutnya mereka bisa mendatangi Plaza Indonesia untuk berbelanja. Sementara bagi pengelola tenant, mereka bisa meng-update sendiri informasi atau program promosi apa yang mereka lakukan untuk diinformasikan kepada konsumen melalui MallVoucher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com