Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Tinggi Protein Merusak Usus?

Kompas.com - 17/03/2011, 07:14 WIB

Kompas.com- Diet tinggi protein yang membatasi pemasukan karbohidrat seperti diet Atkins dipercaya banyak orang bisa mempercepat penurunan berat badan. Padahal, dalam jangka panjang diet ini memiliki efek samping berbahaya, salah satunya merusak usus besar.

Dalam sebuah penelitian terhadap 17 orang pria obesitas di Inggris, ditemukan diet tinggi protein dan rendah karbohidrat akan menyebabkan perubahan tertentu di usus besar dan dalam jangka panjang hal ini dikhawatirkan memicu kanker kolon.

Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition ini memang hanya melihat beberapa komponen sisa metabolisme dalam jangka panjang dan bukan melihat risiko penyakit secara faktual. Sehingga para peneliti mengatakan masih diperlukan riset lanjutan untuk menyimpulkan risiko kanker kolon ini.

"Risiko kanker kolon mungkin meningkat jika diet tinggi protein ini dilakukan dalam jangka panjang, terutama karena minimnya asupan serat," kata peneliti senior Dr.Harry J.Flint dari Universitas Aberdeen.

Ia menambahkan, orang yang kegemukan bukannya tidak boleh menurunkan berat badan, tetapi harus diperhatikan kebutuhan tubuh akan zat gizi harus tetap dipenuhi, terutama asupan serat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com