Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Perempuan Ingin Langsing

Kompas.com - 17/03/2011, 10:38 WIB

KOMPAS.com - Merawat penampilan luar dan menjaga berat tubuh ideal identik dengan dunia perempuan, terutama di perkotaan. Inilah sebabnya mengapa banyak perempuan yang gemar menjalani diet atau berbagai program pelangsingan. Bahkan motivasi olahraga pun seringkali dikaitkan dengan keinginan perempuan untuk mendapatkan postur tubuh ideal. Ada empat alasan mengapa perempuan memilih menjalankan program pelangsingan tubuh.

Particia Lim, Operations Director Marie France Bodyline Indonesia, menyebutkan empat alasan perempuan memilih program pelangsingan tubuh.

1. Kebanggaan memiliki penampilan ideal dan cantik secara fisik
Postur tubuh ideal dan tampil ramping membuat banyak perempuan merasa bangga. Kecantikan fisik menjadi alasan pertama perempuan menjalani program pelangsingan tubuh. Kepuasan diri menjadi hasil akhir yang ingin diperoleh.

Tak heran jika banyak perempuan yang melakukan budgeting khusus untuk slimming program ini. Biayanya mulai Rp 1 jutaan untuk satu kali sesi, hingga Rp 15 juta untuk beberapa kali sesi dalam frekuensi 3-6 bulan, terbayar dengan mendapatkan tubuh ideal sebagai hasil akhirnya. "Biaya dan lama waktu program pelangsingan tergantung target yang ingin dicapai. Bagian tubuh yang ingin dirampingkan juga berbeda pada setiap orang, jadi fokus perawatan juga akan berbeda pada setiap individu," jelas Patricia.

2. Tubuh ideal meningkatkan kepercayaan diri
Penampilan fisik yang terawat dan tubuh langsing masih menjadi faktor yang memengaruhi kepercayaan diri kebanyakan perempuan. Inilah sebabnya kaum hawa gemar melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh langsing yang ideal. Termasuk program pelangsingan tubuh yang cepat namun tetap aman.

Demi mendapatkan kepercayaan diri dari faktor fisiknya, perempuan menuntut dirinya untuk berdisiplin menjalani pola hidup sehat. Seperti menjaga makanan, dan rutin menjalani program pelangsingan tubuh yang sudah dipilihnya. Karena hanya dengan displin diri, perempuan bisa mendapatkan postur tubuh idaman.

3. Alasan kesehatan
Kesadaran pentingnya menjaga kesehatan fisik semakin tinggi, termasuk bagi perempuan. Kelebihan berat badan disadari perempuan akan menimbukan banyak penyakit yang mengganggu kualitas hidup dan produktivitasnya. Apalagi kini semakin banyak perempuan yang aktif di ruang publik dan membutuhkan tubuh fit untuk menunjang berbagai aktivitasnya. Program pelangsingan tubuh dipilih perempuan sebagai salah satu cara menjaga gaya hidup sehatnya.

Karena alasan inilah, program pelangsingan yang populer adalah yang menerapkan cara alami dan aman dengan pengawasan medis. "Setiap orang yang menjalani program pelangsingan tubuh di Marie France akan diberikan panduan pola makan sehat dari pakar nutrisi," jelas Patricia.

Jadi, jika program pelangsingan dilakukan 2-3 kali seminggu, setiap kali pertemuan akan ada pakar nutrisi yang membuka ruang konsultasi. "Klien harus memberikan laporan apa saja yang dimakannya, seperti apa pola makannya, untuk kemudian diberikan arahan pola makan yang lebih sehat," lanjutnya.

4. Tuntutan karier
Pada sebagian kecil kalangan, seperti kaum selebriti, penampilan adalah aset berharga. Demi alasan mengembangkan karier, kalangan selebriti inilah yang paling terang-terangan menjalani berbagai cara untuk melangsingkan tubuhnya.

"Kebanyakan perempuan yang menjalani program pelangsingan tubuh di Marie France adalah ibu rumah tangga, profesional muda, dan hanya sebagian kecilnya saja selebriti," kata Patricia.

Meskipun demikian, slimming program tak selalu terkait dengan tuntutan karier. Perempuan lebih merasa perlu menjaga tubuhnya dengan mengikuti program pelangsingan, agar penampilan tetap menarik. Pada akhirnya, fisik yang terawat ini membantunya lebih percaya diri menjalani berbagai aspek kehidupannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com