Model Senior Tampil Memeragakan Koleksi Iwan Tirta

Kompas.com - 24/03/2011, 10:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah peragaan busana digelar untuk mengapreasiasi karya maestro batik Indonesia, Iwan Tirta. Event bertajuk "The Retrospespective" ini digelar di Multi Function Hall, Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (23/3/2011) lalu, dalam rangka perayaan ulang tahun mall tersebut.

The Retrospective menampilkan varik dalam organza, salah satu inovasi yang pernah dibuat sang maestro selain batik sutera yang lebih dulu ia buat. Model-model senior seperti Ria Juwita, Citra Nartomo, Dhanny Dahlan, Sarita Thaib, dan Nisye Yunus, tampil kembali di atas runway dengan begitu elegan, membawakan beberapa rancangan Iwan Tirta yang dikoleksi secara pribadi.

Dhanny Dahlan, misalnya, memamerkan dua gaun yang dikoleksinya, yaitu mini dress dengan motif Hokokai, motif batik peranakan yang muncul pada zaman penjajahan Jepang. Motif yang sama juga muncul dalam bentuk cropped jacket berbahan sutera satin, dipadukan dengan rok tumpuk organza.

Koleksi pribadi Iwan Tirta juga ditampilkan, berupa two-pieces bermotif Sawunggaling yang dipadukan dengan teknik jumputan khas Palembang. Kemudian, Chossy Latu -designer yang pernah bekerja sama dengan Iwan Tirta- menampilkan koleksi coat batik organza yang pernah ia buat bersama sang maestro. Ada pula motif Nitik yang klasik, serta motif Lokcan atau Phoenix snag pembawa keberuntungan.

Sebagai salah satu rangkaian dalam acara "A Tribute To Iwan Tirta" digelar pula koleksi Flapperwork, yang mengambil inspirasi gaya flapper pada dekade 20-an. Masih di tempat yang sama, bolero, balloon dress, dan celana jodhpur, mewarnai koleksi Flapperwork. Aksen tassel, gold coin, dan juga bells, memperkuat gaya flapper yang meriah.

Banyak dijumpai tabrak motif pada koleksi Flapperwork. Misalnya motif bunga anggrek yang cantik sebagai coat, dipadukan dengan long dress bermotif burung kesayangan raja, Sawunggaling. Pada koleksi lain, salah satu motif kuno Jlamprang muncul dalam celana jodhpur yang dikombinasikan dengan bolero bermotif Ganggang Laut dengan coletan warna-warni.

Di beberapa koleksi juga terdapat motif-motif burung seperti Lokcan yang diadaptasi gaya China, serta Sawunggaling ditampilkan dalam warna gelap seperti coklat tua bahkan hitam. Sebagai aksesorinya, para model mengenakan Iwan Tirta Private Collection yang bekerja sama dengan Jewel of Eden.


EditorDini

Close Ads X