Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Pelangsingan Aman yang Instan!

Kompas.com - 25/03/2011, 08:21 WIB

KOMPAS.com - Program pelangsingan yang aman dan memberi hasil maksimal jangka panjang tak bisa dilakukan instan. Bahkan saat memilih program pelangsingan yang tepat, Anda juga perlu berdiskusi dengan pakarnya untuk mengenali penyebab bertambahnya berat badan, serta menentukan target dan lama waktu yang dibutuhkan. Mengenali kebutuhan Anda untuk mendapatkan program yang sesuai juga memerlukan waktu. Jadi, tak ada pelangsingan aman yang instan.

Program pelangsingan juga terkesan hanya berurusan dengan kecantikan fisik semata. Padahal di balik pilihan program pelangsingan terdapat kompleksitas masalah yang akan berbeda pada setiap individu. Pelangsingan yang aman dan alami membantu metabolisme tubuh agar bekerja optimal. Mulai memperbaiki sistem pencernaan, melancarkan peredaran darah, meningkatkan asupan oksigen di dalam tubuh, membantu mengeluarkan toksin tubuh, dan hasil akhirnya metabolisme tubuh kembali normal.

Verena Sina, Training Manager dari Marie France Bodyline, mengatakan, banyak orang yang menanyakan pilihan program pelangsingan melalui telepon. Mereka hanya menyebutkan tinggi dan berat badan, lalu bertanya program apa yang sesuai untuk menurunkan berat badan dalam waktu tertentu. Menurutnya, menentukan program pelangsingan tak bisa dilakukan dengan cara instan seperti itu. Perlu konsultasi, sekitar 20 menit, untuk mengenali kebutuhan masing-masing orang. Hal ini bisa digali dari masalah klien, misalnya mengenali apakah klien mengalami gangguan pencernaan atau pembuangan.

"Kadang banyak orang merasa tak bermasalah, namun setelah berdiskusi, sebenarnya mereka mengalami gangguan pada pembuangan. Contohnya buang air besar dua hari sekali. Ini tidak normal, dan pada akhirnya menimbulkan masalah kelebihan berat badan. Masalah seperti ini perlu dikenali untuk kemudian membantu klien menentukan program pelangsingan yang paling tepat," jelas Sina kepada Kompas Female, Kamis (24/3/2011) lalu.

Dengan mengenali masalah dan penyebabnya, lalu melakukan penimbangan berat badan serta pengukuran tubuh, penyedia jasa pelangsingan bisa menyarankan program yang sesuai. Tak hanya itu, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai juga menentukan. Seperti berapa berat badan yang ingin diturunkan, atau seringkali fokusnya bukan pada penurunan berat badan, tetapi lebih kepada bentuk tubuh yang diinginkan.

"Meski dua orang punya berat badan yang sama atau postur serupa, masing-masing punya masalah berbeda, dan program yang akan dijalankan juga tak sama. Kebiasaan dalam keseharian juga memengaruhi program pelangsingan secara keseluruhan. Karena dalam program juga terdapat sesi konsultasi bersama dokter yang memeriksa kondisi medis seseorang, selain juga pakar nutrisi yang akan memberikan saran dan panduan mengatur asupan makanan, disesuaikan dengan kebiasaan makan seseorang," jelas Sina.

Untuk mendapatkan tubuh ideal sesuai kebutuhan, setiap individu perlu mendapatkan pilihan jenis perawatan. Dengan begitu, setiap individu bisa fokus pada masalah utamanya. Misalnya, jika problem utama pada tubuh terletak pada tangan yang besar, maka program dikhususkan untuk membentuk lengan agar lebih kencang, atau menghilangkan lemak di area tersebut. Kalau seseorang bermasalah dengan selulit, maka fokus perawatan hanya menghilangkan selulit tersebut. Lain lagi jika masalah pada tubuh menyangkut semua bagian, seperti perut, paha, lengan, punggung, atau dada belakang. Maka satu paket program pelangsingan yang komprehensif lebih tepat dipilih.

Dampak program pelangsingan yang alami dan aman tanpa suntik, suplemen, dan pil, bisa dirasakan manfaatnya meski baru sekali melakukan perawatan. "Sistem pembuangan akan lebih lancar dan buang air besar akan lebih rutin," jelas Sina.

Jika perawatan dilakukan rutin, apapun sasaran yang dirancang sejak awal mengambil paket perawatan akan memberikan hasil optimal. Kalau fokusnya adalah penurunan berat badan, setidaknya 1,5 kg per minggu. "Standar WHO untuk penurunan berat badan normal dan aman adalah 0,5-1,5 kg per minggu. Kalau lebih dari standar ini hasilnya hanya jangka pendek saja atau yo-yo, sehingga berat badan akan cepat kembali naik," lanjutnya.

Pesannya semakin jelas, tak ada pelangsingan yang instan jika ingin sistem tubuh bekerja normal, sehat dan alami. Aktivitas dan kebiasaan termasuk pola makan juga memengaruhi. Pastikan jumlah kalori yang masuk dan keluar seimbang, jika ingin metabolisme tubuh bekerja optimal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com