Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Sushi Rendah Kalori

Kompas.com - 25/03/2011, 14:56 WIB

KOMPAS.com - Siapa bilang sushi itu bikin Anda keracunan merkuri? Selama Anda memilih sushi yang dimasak matang (apalagi fusion sushi saat ini biasanya dipanggang dalam oven), rasanya tak ada masalah. Yang perlu Anda perhatikan justru kandungan kalori dalam sepotong sushi yang dilapis mayones tebal.

Pilihan sushi seperti Shrimp Tempura Roll (8 potong) umumnya mengandung 533 kalori dan 26,7 gr lemak. Sedangkan California Roll (8 potong), semangkuk sup miso, salad rumput laut, dan tiga potong sashimi mengandung sekitar 484 kalori dan 11,7 gr lemak. Itu artinya, pilihan ini tergolong tinggi kalorinya. Anda bisa memilih sushi dengan kalori yang rendah dengan cara seperti ini:

1. Pilih sashimi. Sashimi hanya terdiri atas ikan mentah, tanpa nasi. Ikan yang digunakan biasanya tuna, salmon, makerel, ekor kuning, octopus, cumi, dan banyak lagi. Penggunaan ikan air asin memang lebih baik daripada ikan air tawar, karena ikan air tawar cenderung mengandung parasit yang menimbulkan masalah kesehatan. Sashimi sendiri mengandung makna memotong ikan dan memilih bagian yang layak dimakan.

2. Bila ada, pilih sushi yang dibuat dari nasi merah. Meskipun lebih lezat, nasi putih mengandung kalori yang tinggi, namun rendah nutrisinya. Nasi merah juga cukup tinggi kalorinya, tetapi setidaknya mengandung serat empat kali lebih banyak.

3. Minum banyak air putih dan teh hijau. Air akan membantu menekan nafsu makan, dan mendorong metabolisme. Sedangkan teh hijau akan membantu menurunkan lemak tubuh.

4. Kurangi saus yang creamy. Jika sausnya creamy, kemungkinan besar dibuat dengan mayones. Mayones bisa mengubah roll yang semula sehat jadi penuh kalori. Begitu pula dengan sushi yang menggunakan keju krim.

5. Hindari jenis apapun yang menggunakan tempura. Tempura artinya bahan bakunya digoreng dengan minyak banyak dan panas. Seperti Anda ketahui, makanan gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sebagai gantinya, pilih roll dengan sayuran segar atau kukus.

6. Kurangi penggunaan kecap. Bila ada, mintalah kecap dengan kandungan sodium yang rendah. Kecap tradisional pada dasarnya merupakan sodium cair, sangat berbahaya untuk sistem kardiovaskular dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Percikkan saja kecapnya sedikit di atas roll, tak perlu merendam seluruh nasinya.

7. Batasi porsinya. Jarang sekali ada orang yang puas hanya dengan memesan seporsi sushi yang terdiri atas 4-8 potong. Bagaimanapun, sushi merupakan makanan berkarbohidrat, jadi perhatikan berapa banyak yang Anda makan. Dampingi juga dengan salad rumput laut, sup miso, atau edamame untuk cemilannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com