Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Lama Juga Bikin Nyeri Punggung

Kompas.com - 26/03/2011, 07:08 WIB

Kompas.com - Walaupun kursi Anda mahal, nyaman dan ergonomis, namun kursi tersebut bisa berdampak buruk bagi punggung jika Anda terbiasa duduk seharian tanpa jeda.

Posisi duduk bukan cuma mengurangi sirkulasi darah ke bagian discus atau bantalan tulang belakang, tetapi duduk juga memberikan tekanan 30 persen lebih besar pada tulang belakang dibandingkan saat kita berdiri atau berjalan.

Karena itu jika pekerjaan mengharuskan Anda lebih banyak duduk, lakukan peregangan dan berjalanlah setiap satu jam.

Apa pun jenis kursi Anda, pastikan kepala Anda dalam posisi tegak, tidak menunduk ketika membaca atau mengetik. Hindari penggunaan bantal atau penyokong tulang belakang. Menurut Heidi Prather, spesialis rehabilitasi dan ahli bedah ortopedi, mengatakan penggunaan penyokong semacam itu tidak membuat perbedaan pada nyeri kecuali ditempatkan dalam posisi yang benar yaitu di bawah tulang belakang.

Terapi pijat atau penggunaan obat memang bisa mengurangi rasa nyeri tetapi jika sumber rasa nyerinya tidak diperbaiki, nyerinya akan terus datang lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com