Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Punya Waktu Satu Jam bersama Anak

Kompas.com - 28/03/2011, 12:22 WIB

KOMPAS.com - Penelitian menunjukkan bahwa ibu bekerja hanya menghabiskan waktu rata-rata satu jam per hari bersama anak-anaknya. Waktu rata-rata ini dihitung tak hanya hari kerja namun juga akhir pekan. Para pakar mengatakan, ibu bekerja berusaha keras menyeimbangkan karier dengan peran rumah tangganya. Karenanya, banyak ibu bekerja yang pada akhirnya lebih fokus pada "quality time" bersama anak, dibandingkan kuantitas waktu.

Penelitian yang diadakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development ini mengumpulkan data selama 11 tahun, mulai 1998-2009. Dari 21 negara yang dianalisa, ayah dan ibu bekerja di Australia berada di urutan pertama (menghabiskan waktu lebih lama), menghabiskan waktu bersama anak, masing-masing 105 dan 69 menit per hari. Sedangkan ibu rumah tangga di Australia menghabiskan waktu 236 menit bersama anaknya, dan ayah yang lebih sering di rumah menjalin kebersamaan dengan anak selama 105 menit per hari.

Sementara di Inggris, ibu bekerja hanya punya waktu 21 menit per hari bersama anak-anak. Ibu bekerja di Inggris tercatat sebagai orangtua tersibuk di Eropa. Terdapat dua juta ibu rumah tangga di Inggris, dan lebih dari 13 juta ibu di Inggris adalah pekerja penuh waktu dan paruh waktu.

Sementara di Irlandia, kondisinya berbeda karena ibu bekerja bisa mengatur waktunya dua kali lebih banyak dibandingkan ibu bekerja di Inggris. Di Amerika, ibu bekerja rata-rata punya waktu satu jam 34 menit untuk anak-anak. Pembaca berita BBC, ibu tiga anak, Sophie Raworth, mengakui mendedikasikan waktunya 15 menit untuk pengasuhan masing-masing anaknya. Raworth sedang mengembangkan program skema pengasuhan cepat untuk orangtua bekerja di Amerika.

Menjadi perempuan bekerja bukan satu-satunya alasan mengapa ibu bekerja sulit meluangkan waktu lebih bersama anak. Karena menurut penelitian yang sama, ibu rumah tangga pun hanya memiliki waktu dua jam 35 menit bersama anak setiap harinya. Sementara ayah rumah tangga hanya menghabiskan waktu 63 menit bersama anak-anaknya.

Orangtua berpendidikan tinggi memiliki kecenderungan lebih memprioritaskan pengasuhan anak di waktu senggangnya, dibandingkan bersenang-senang atau tidur.

Yang dilakukan orangtua bekerja bersama anaknya
Meski sibuk, orangtua bekerja mengupayakan untuk bisa meluangkan waktu bersama anak-anaknya. Kegiatan yang mempertemukan ibu bekerja dengan anak adalah saat makan, dan membantu anak berpakaian. Sedangkan ayah bekerja, fokus pada tugas sekolah anak, berolahraga, dan membaca.

"Yang terpenting adalah anak mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama anak-anak. Pengasuhan tak bicara angka (rata-rata waktu orangtua bekerja bersama anak)," jelas psikolog keluarga dan anak, Dr Sandra Wheatley.

Orangtua perlu menyelipkan kegiatan yang menyenangkan bersama anak, di sela waktu yang terbatas tersebut, lanjut Wheatley.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com