Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Wanita Orgasme

Kompas.com - 01/04/2011, 14:25 WIB

 TANYA :

Prof Wimpie Yth. Saya pria yang sudah berumahtangga selama 5 tahun, dan sudah di karunia 2 orang putra. Setiap kali berhubungan dengan isteri, saya tidak tau kapan pasangan saya itu mengalami orgasme. Yang ingin saya tanyakan, apa tanda-tandanya seorang wanita itu tengah mengalami orgasme. Kalau saya sudah orgasme, pasangan saya selalu mengambil alih kendali. Mohon penjelasanya. Terima kasih.  

Hidayat 26, Medan

 

JAWAB :

Orgasme adalah puncak reaksi seksual yang diterima, baik oleh pria maupun wanita. Orgasme ditandai oleh dua hal. Pertama, secara psikis dirasakan sebagai perasaan nikmat. Kedua, secara fisik ditandai dengan kontraksi seluruh otot tubuh.

Tanda pertama tentu sulit Anda ketahui karena hanya dirasakan oleh istri. Untuk mengetahui ini, Anda dapat tanyakan kepada istri apakah merasa “nikmat atau enak”. Tetapi kontraksi otot dapat Anda rasakan.

Kontraksi otot dapat dirasakan berupa gerakan yang ritmik terutama di bagian kelamin, bokong, perit, tungkai, lengan, dan wajah. Akibat kontraksi juga menimbulkan desahan bahkan teriakan. Namun kontraksi ini hanya berlangsung singkat, beberapa detik saja.

 Hal lain yang memudahkan Anda mengenali orgasme pada istri ialah kemungkinan terjadinya orgasme lebih dari sekali. Tanda seperti di atas tetap dapat diamati dan dirasakan.     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com