Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanker Ancaman Baru Diabetesi

Kompas.com - 04/04/2011, 15:53 WIB

Kompas.com - Penyakit diabetes yang tidak dikendalikan bisa menjadi biang munculnya penyakit lain. Para dokter bahkan mengingatkan kanker sebagai ancaman baru para penderita kanker.

Sebuah penelitian menemukan wanita yang menderita diabetes beresiko 8 persen lebih tinggi menderita kanker secara umum. Sementara itu pada pria risikonya hampir sama, asalkan . Selain itu risiko kematian akibat penyakit kanker lebih tinggi pada diabetesi.

Penelitian yang dilakukan oleh Gabriel Lai, dari U.S National Cancer Institute ini dilakukan selama 11 tahun terhadap 295.287 pria dan 199.665 wanita di Amerika. Di akhir penelitian diketahui risiko terkena kanker pada pasien diabetes jauh lebih tinggi dibanding orang sehat.

Sayangnya Lai tidak menemukan mekanisme kejadian kanker pada diabetesi. "Dibutuhkan studi lanjutan untuk mengetahuinya, apalagi ada banyak faktor yang menyebabkan kanker dan ilmuwan pun sampai saat ini belum tahu penyebab pastinya," katanya.

Walaupun diabetes belum bisa disembuhkan, namun sebenarnya penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah ini mudah dikendalikan. Jika pengobatan serta perubahan gaya hidup dilaksanakan dengan disiplin, komplikasi yang menakutkan itu tidak akan terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com