Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Ampat Siapkan Hotel Terapung

Kompas.com - 05/04/2011, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda sering menyelam, istilah liveaboard mungkin sudah tak asing bagi Anda. Liveaboard atau living in a boat biasa memfasilitasi para penyelam saat sedang menjelajahi dasar lautan.

"Boat-nya nyaman dan untuk diinapi. Jadi makan, tidur, dan lainnya di dalam boat. Diver pakai liveaboard karena lokasi menyelam yang jauh dan bisa untuk menempuh dari pulau ke pulau. Ini seperti hotel terapung," kata Vice President Sales & Marketing Pearl of Papua, Yayu Yuniar, saat ditemui dalam pameran Deep & Extreme Indonesia 2011 akhir pekan lalu.

Pearl of Papua menyediakan liveaboard untuk destinasi wisata Raja Ampat. Yayu yang juga seorang penyelam, menuturkan untuk titik menyelam, semakin terpencil lokasinya maka semakin unik biota bawah laut.

Ia mengakui beberepa titik menyelam di Indonesia yang populer di dunia malah berada di tempat yang susah dijangkau. Karena itu, sebagian penyelam adalah orang asing yang mempunyai waktu liburan lebih panjang daripada orang Indonesia.

Sementara itu, pengguna liveaboard sudah mulai banyak dari penyelam-penyelam asal Indonesia. Yayu mengatakan penyelam Indonesia biasa mencarter secara rombongan sehingga harga bisa lebih murah.

Selain Pearl of Papua di pameran juga terdapat beberapa stan yang menawarkan liveaboard di beberapa destinasi wisata lainnya. Dalam pameran Deep & Extreme Indonesia 2011 terdapat 125 peserta pameran dari dalam dan luar negeri. Para peserta berhubungan dengan wisata bahari, wisata petualangan, dan ekowisata. Beberapa peserta menyediakan aneka peralatan menyelam dan olahraga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com