Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhentilah Makan Saat Netral

Kompas.com - 05/04/2011, 20:43 WIB

KOMPAS.com — Ada aturan yang harus dipatuhi jika ingin menurunkan berat badan dan memiliki tubuh langsing yang sehat dan bugar (bukan sekadar kurus). Salah satunya, berhentilah makan saat netral. Tubuh Anda bisa dilatih menjalankan aturan ini jika memang punya kemauan tinggi untuk langsing, apa pun motivasi di baliknya.

"Banyak orang kegemukan karena mereka mengabaikan sinyal fisik. Mereka tetap saja makan meski tak lapar fisik, tetapi lebih karena lapar emosi. Karenanya, jika ingin langsing, berhentilah makan saat netral," jelas Juli Triharto, Master Hypnolangsing seusai talkshow "Eat What You Want & Stay Slim" di Tupperware Home, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2011).

Berhenti makan saat netral mirip maknanya dengan berhenti makan sebelum kenyang. Kebiasaan ini bisa dilatih sehingga tubuh secara alami memberikan sinyal untuk berhenti makan saat tak lagi lapar fisik.

Juli lalu membagi skala lapar menjadi sepuluh. Skala ini menjadi panduan bagi Anda untuk melatih diri kapan harus berhenti makan jika ingin langsing serta kapan harus membiasakan berhenti makan bagi si pemilik tubuh ideal. Urutan terbawah hingga teratas dalam skala lapar menuju kenyang adalah:
* Kelaparan
* Sangat amat lapar
* Sangat lapar
* Lapar
* Netral
* Nyaman
* Kenyang
* Kenyang yang tidak nyaman
* Kenyang sangat amat tidak nyaman
* Terlalu kenyang

"Jika Anda berhenti makan saat kenyang yang tidak nyaman, hasilnya Anda akan mengantuk dan perut terasa penuh, bikin tak nyaman. Sementara jika kebiasaan berhenti makan saat terlalu kenyang risikonya obesitas. Jadi sebaiknya berhenti makan saat netral. Saat lapar, netralkan jika ingin langsing. Jika badan sudah ideal, berhenti makan saat kenyang," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com