Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shopping Bikin Umur Panjang

Kompas.com - 08/04/2011, 12:50 WIB

KOMPAS.com - Shopping memang tidak baik untuk kesehatan kantong, terutama untuk mereka yang berbelanja hanya untuk mengejar gaya hidup. Namun, terlepas dari urusan kantong alias kesehatan finansial, aktivitas berbelanja setiap hari ternyata bisa memperpanjang usia.

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti dari National Health Research Institutes, Taiwan, mewawancarai sekitar 2.000 responden. Mereka yang jalan-jalan ke toko setiap hari 27 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati selama periode 10 tahun. Perempuan yang rutin berbelanja 23 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati selama periode studi yang berlangsung dari 1999 hingga 2008. Sedangkan pada pria, kecenderungannya bahkan 28 persen lebih kecil!

Menurut para peneliti, hal ini disebabkan karena berbelanja adalah aktivitas yang nyaman, menyenangkan, dan menjadi cara lain untuk berolahraga.

"Berbelanja menangkap beberapa dimensi dari kesejahteraan, kesehatan, dan keamanan pribadi, selain juga berkontribusi terhadap ekonomi, dan memberikan peningkatan umur panjang," demikian ditulis di Journal of Epidemiology and Community Health.

Selain itu, sebaiknya kebiasaan berbelanja ini dilakukan secara teratur. Sebab bila Anda jarang berbelanja, hal ini bisa menunjukkan gangguan mobilitas dan kesehatan yang buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com